Penandatanganan Implementasi Kerjasama antara Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta dengan Faculty of Mechanical and Automotive Engineering Technology, Universitas Malaysia Pahang Al Sultan Abdullah

Perjanjian implementasi kerjasama antara Fakultas Teknik UNY dengan Fakultas Teknik Universitas Malaysia Pahang Al Sultan Abdullah  dilaksanakan pada Selasa 30 April 2024.

Penandatanganan kerjasama dihadiri oleh Dr. Muhammad Yusri Ismail (UMPSA Malaysia), Prof. Dr. Mutiara Nugraheni, S.TP., M.Si (Dekan FT UNY), Dr. Drs. Totok Heru Tri Maryadi M.Pd. (Wakil Dekan III FT UNY), seluruh dosen dan perwakilan mahasiswa Departemen Pendidikan Otomotif Fakultas Teknik UNY. Implementasi kerjasama ini bertujuan untuk menindaklanjuti perjanjian kerjasama sebelumnya yang telah disepakati kedua belah pihak.

Implementasi kerjasama yang dilaksanakan pada tahun 2024 ini yaitu kegiatan visiting professor yang dilaksanakan di program studi pendidikan teknik otomotif. Kegiatan visiting professor dilaksanakan pada semester genap 2023/2024 pada mata kuliah Teknologi Motor Diesel. Kegiatan visiting professor ini diharapkan dapat meningkatkan pengalaman akademik bagi mahasiswa dan anggota fakultas sekaligus menumbuhkan semangat inovasi dan keunggulan dalam pendidikan teknik. Kegiatan ini juga dapat memperluas wawasan mahasiswa tentang perkembangan pendidikan dan penelitian teknik dalam skala global. Selain kegiatan visiting professor, kedua belah pihak juga sepakat untuk melaksanakan joint publication pada tahun ini.

Untuk memastikan keberhasilan dan efektivitas kolaborasi, sistem evaluasi dan pemantauan kemajuan yang kuat akan diterapkan. Dengan memantau indikator kinerja utama dan umpan balik dari para pemangku kepentingan, kedua fakultas dapat membuat keputusan yang tepat, mengatasi masalah apa pun dengan segera, dan terus meningkatkan upaya kolaboratif. Proses evaluasi dan monitoring ini akan membantu memperkuat kemitraan antara FT UNY dan UMPSA, sehingga membina hubungan yang berkesinambungan dan saling menguntungkan di tahun-tahun mendatang