- Alamat : Kampus Karangmalang, Yogyakarta, 55281
- Telp. (0274) 586168 psw. 1216,1276,1289,1292 (0274) 586734 Fax. (0274) 586734
- Help Desk (WhatsApp) : 0895-2919-9119 (Jam Kerja 08.00 - 15.30 WIB)
- website : http://ft.uny.ac.id
- e-mail: ft@uny.ac.id
You are here
Visual merchandising dan Fotografi Fashion bersama Fauzie Helmy
Program Studi Pendidikan Teknik Busana Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta menyelenggarakan kuliah umum Visual merchandising dan Fotografi Fashion bersama toys photographer Fauzie Helmy, beberapa waktu lalu bertempat di Aula KPLT UNY. Fauzie menjelaskan bahwa visual merchandising merupakan cara menciptakan tampilan merchandiseuntuk mengkomunikasikan pesan penjualan dan trend toko kepada calon pelanggan untuk memberikan informasi dan pengalaman berbelanja yang nyaman dan menimbulkan rasa ingin membeli.
“Kegiatannya adalah menampilkan produk yang dijual di dalam toko, termasuk menggabungkan berbagai elemen visual merchandising untuk merangsang dan menarik pembeli, hal ini telah menjadi unsur yang penting dalam ritel bahwa upaya tim yang melibatkan store manajer, MD, sampai dengan SPG dapat bekerjasama dengan baik dalam menampilkan tatanan visual yang efektif dalam sebuah toko.Visual merchandising dimulai dengan bangunan toko itu sendiri. Pihak manajemen kemudian memutuskan konsep toko yang akan ditampilkan sehingga akan menciptakan lingkungan yang hangat, ramah, dan suasana didekati untuk pelanggan potensial,” tambahnya.
Lebih lanjut Fauzie menjelaskan bahwa banyak elemen dapat digunakan oleh visual merchandiser dalam menciptakan display, termasuk warna, pencahayaan, ruang, informasi produk, input sensoris seperti bau, sentuhan, dan suara serta teknologi seperti digital display dan instalasi interaktif. Sedangkan fotografi fashion adalah aliran fotografi yang berkonsentrasi pada memotret dan menampilkan berbagai mode pakaian dan barang-barang fashion lainnya, yang terkait dengan gaya-hidup atau life-style yang sedang berjalan pada masa tersebut, untuk diterbitkan di majalah fashion, industri periklanan, atau beredar di kalangan desainer.
“Seiring berjalannya waktu, fotografi fashion telah mengembangkan sentuhan komersial dan estetika di mana tampilan life-style atau gaya hidup, diperkuat dengan aksesoris dan daerah eksotis dengan pencahayaan yang beragam, dari dramatis, lembut, kontras, bahkan gabungan dari beberapa efek cahaya” tutur Fauzie.
Dalam fotografi fashion, seorang fotografer bertugas untuk menghasilkan atau menampilkan konsep foto dari produk fashion yang akan dijual ke dalam bentuk visual. “Jangan sampai terlupakan adalah tampilan gaya-hidup/life-style pada masa yang ingin ditampilkan, harus terlihat dengan jelas pada fotografi fashion tersebut,” pesannya kepada para mahasiswa.
Bagian dan Sub Bagian
Link Journal
Kontak Kami
Copyright © 2024,