Tim Fakultas Teknik dan Fakultas Kedokteran UNY Menjajaki Kolaborasi dengan PT Chosen Mitra Abadi (CMA)

Tim riset kolaboratif antara Fakultas Teknik (FT) dan Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dengan PT Chosen Mitra Abadi (CMA) telah dimulai, dengan tujuan mengembangkan produk sepatu inovatif. Sepatu inovafif ini dapat mencegah dan mengurangi nyeri pada otot-otot kaki. Salah satu produk unggulan dari CMA adalah Bocorocco, Official Footwear Partner tim nasional sepak bola Indonesia (PSSI) untuk sepatu formal dan semiformal, cocok untuk recovery shoes para pemain.

 

Kunjungan tim riset UNY dilaksanakan pada tanggal 1-2 Juni 2024, dengan melibatkan Dr. Noor Fitrihana, M.Eng. dan Nova Suparmanto, M.Sc. dari Teknik Industri mewakili FT, yang melanjutkan penelitian tentang selop tradisional yang ditingkatkan dengan Pillow Concept Technology (PCT) dari Bocorocco. Selain itu, juga ada dosen FK yaitu dr. Kartika Ratna Pertiwi, M.Biomed.Sc, Ph.D., dan Prof. Dr. dr. BM. Wara Kushartanti, M.S., yang membahas uji klinis untuk produk-produk Bocorocco. PCT sendiri telah dipatenkan di seluruh dunia, dan sepatu Bocorocco memiliki sembilan lapisan insole untuk kenyamanan instan dan manfaat kesehatan jangka panjang.

 

Pada hari pertama tanggal 1 Juni, tim UNY berpartisipasi dalam rangkaian kegiatan Soft Launching di Alam Sutra Hall untuk produk-produk baru Bocorocco yang dijual melalui sistem penjualan langsung (direct selling) oleh PT. Bocorocco Entrepreneur Indonesia. Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan satu juta pengusaha menyongsong Indonesia Emas 2045. Hadir juga Bambang Pamungkas, legenda sepakbola Indonesia sebagai Brand Activator Bocorocco.

 

Hari kedua tanggal 2 Juni, dilakukan presentasi, diskusi lanjutan, dan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) antara FT-FK UNY dengan PT CMA untuk pengembangan produk alas kaki (footwear product development). Acara ini dilaksanakan di kantor baru Bocorocco di Jakarta dengan top manajemen dan Owner Bocorocco yaitu Bapak Ridwan Saidbun.

 

Kolaborasi ini menandai langkah penting dalam memajukan penelitian dan pengembangan di industri alas kaki, dengan memanfaatkan keahlian gabungan dari UNY dan CMA untuk menciptakan produk-produk inovatif dan ergonomis di masa depan.