Santri Menyambal: Pelatihan Pembuatan dan Pemasaran Aneka Sambal Berbasis Potensi Lokal

Menumbuhkan jiwa wirausaha kepada santri guna mandiri dan pandai berwirausaha, Fakultas Teknik Kembali menyelenggarakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) dengan tema “Pelatihan Pembuatan dan Pemasaran Aneka Sambal Berbasis Potensi Lokal”. Pengabdian ini dilaksanakan di Pondok Pesantren dan Panti Asuhan As-Syafi”iyah, Kemirikebo, Sleman, Yogyakarta. Tim pengabdi terdiri dari Prof. Dr. Dra. Kokom Komariah, M. Pd., Dr. Fitri Rahmawati, MP., Ezra Chica’cal Sandya, M. Pd. Dibantu oleh 3 orang mahasiswa Tata Boga. Kegiatan ini dilakukan pada hari Sabtu dan Minggu tanggal 18 Dan 19 Mei 2024 Pada Pukul 09.00 sampai dengan selesai.

Kegiatan ini diikuti oleh santri putri yang terdiri dari 5 kelompok. Kegiatan dilaksanakan dengan 3 sesi sesi pertama pembukaan dan penjelasan terkait dengan pembuatan sambal. Sesi kedua pembuatan dan pengemasan sambal. Sambal yang dibuat terdiri dari sambal teri, sambal cumi merah, sambal matah, sambal ikan asap dan sambal bawang. Sesi ketiga dilanjutkan dengan sesi evaluasi dan penjelasan terkait pemasaran produk.

Pada kesempatan ini Tim pengabdi menyerahkan peralatan yang dapat digunakan oleh pondok pesantren dalam usaha pembuatan sambal. Diharapakan alat tersebut dimanfaatkan untuk memproduksi sambal yang dapat bersaing dipasaran. selain itu tim pengabdi juga berkomitmen memberikan bimbingan dan membantu pemasaran produk sambal yang telah diproduksi oleh santri.  (Mz,KK)