Implementasi Kerjasama FT UNY dan UTHM Malaysia

Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (FT UNY) dan University Tun Hussein Onn Malaysia (UTHM) melaksanakan implementasi Kerjasama yang sudah disepakati antara kedua belah pihak. Kegiatan yang dilaksanakan pada kesempatan kali ini berupa kegiatan Visiting Professor atau Guest Lecturer pada Program Studi S2 Pendidikan Teknik Elektro (S2 PTE) dan S1 Pendidikan Teknik Otomotif (S1 PTO). Bertindak selaku VP dari UTHM adalah Prof. Madya. Ts. Affero bin Ismail yang juga menjabat sebagai Kepala Digital Information Centre di UTHM.

Kegiatan visiting professor dilaksanakan mulai tanggal 19-23 Mei 2024 di Fakultas Teknik UNY. Kegiatan dimulai dengan diskusi antara Dosen UTHM dengan Dosen program studi S2 PTE dan S1 PTO. Diskusi yang dilakukan berkaitan dengan isu-isu terkini tentang penyiapan guru vokasi dan juga pengembangan kurikulum untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa calon pendidik di sekolah kejuruan. Dr. Ir. Gunadi, M.Pd selaku Ketua Departemen Pendidikan Teknik Otomotif mengungkapkan harapannya supaya kolaborasi yang dilakukan juga dapat terus ditingkatkan sampai dengan kolaborasi antar dosen untuk magang industri, joint research, dan joint publication.

Setelah itu, pada tanggal 20,22, dan 22 Mei 2024 dilaksanakan kegiatan perkuliahan secara luring. Topik perkuliahan tentang perkembangan dunia digital dan artificial intelligence yang sangat berpengaruh terhadap kegiatan proses belajar mengajar dan juga mempengaruhi cara hidup dan gaya belajar mahasiswa. Sebagaimana disampaikan oleh Prof. Madya. Ts. Affero bin Ismail, penggunaan AI pada saat ini sudah bisa menghasilkan tulisan, transkrip text to voice, membuat lagu, dan bahkan membuat video hanya dengan memberikan perintah ke aplikasinya. Perkembangan luar biasa ini tentunya ada dampak baik maupun buruk yang akan sangat dipengaruhi oleh penggunanya.

Kegiatan implementasi Kerjasama yang dilakukan dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan yang telah direncanakan. Kegiatan yang dilakukan pada kesempatan kali ini memberikan hasil yang positif terutama bagi mahasiswa yang mendapatkan pengalaman international exposure serta pengetahuan baru. Mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini juga berharap bisa mendapatkan kesempatan untuk belajar secara langsung ke UTHM dan berinteraksi dengan mahasiswa di Malaysia.