Abhinaya Meraih Juara 2 Nasional di Kompetisi KRI Divisi KRTMI 2024

Tim Abhinaya dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) berhasil meraih kemenangan gemilang di ajang nasional Kontes Robot Indonesia (KRI) divisi Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI) yang dilakasanakan belum lama ini di Universitas Muhammadiyah Surakarta. Lomba KRI sendiri diiadakan oleh Pusat Prestasi Nasional Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Puspresnas). Keberhasilan ini tak luput dari kerja keras dan dedikasi dari seluruh anggota tim, serta dukungan dari dosen pembimbing.

Tim Abhinaya UNY, berhasil menduduki peringkat 2 dari 24 tim lainnya dengan menggunakan robot canggih mereka yang mengusung tema "Robot Pemilah Sampah". Robot tersebut dirancang untuk bergerak otomatis dalam pengambilan dan pemilahan sampah. Jenis sampah yang bisa terdeteksi oleh Robot yaitu sampah daun, plastik, kertas dan logam.

Tentu saja perjalanan Tim Abhinaya menuju kemenangan ini tidaklah mudah. Selama berbulan-bulan, tim yang dipimpin oleh Ilham Widyo Nugroho bekerja tanpa kenal lelah untuk mempersiapkan robot yang akan bersaing di kompetisi ini. Ananda, yang juga Ketua Tim, menyampaikan rasa bangganya terhadap pencapaian ini. "Kemenangan ini merupakan hasil dari kerja keras, kolaborasi, dedikasi serta dukungan dari seluruh pihak UNY, jadi kemenanghan ini bukan hanya milik tim, tetapi juga milik seluruh keluarga besar Universitas Negeri Yogyakarta. Kami berterima kasih atas semua dukungan yang telah diberikan," ujarnya.

Dukungan dari dosen pembimbing, Prof. Ir. Moh  Khairuddin, M.T., Ph.D. dan Dr. Herlambang Sigit Pramono, S.T., M.Cs., juga sangat berperan dalam kesuksesan ini. Kedua dosen pembimbing memberikan bimbingan dan motivasi yang tak ternilai harganya bagi tim. "Alhamdulillah, selamat ya! Kabar ini sungguh menggembirakan. Ini adalah bukti bahwa dengan kerja keras dan semangat yang tak pernah padam, kita bisa mengulang sejarah Abhinaya sebagai juara 2 nasional. Mari terus semangat untuk mencapai yang lebih baik lagi!", ujar Prof. Ir. Moh  Khairuddin, M.T., Ph.D.. "Tim Abhinaya telah menunjukkan dedikasi, inovasi, dan kerja keras yang luar biasa. Mereka menjadi inspirasi bagi mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta. Kemenangan ini membuktikan bahwa dengan semangat pantang menyerah dan kolaborasi yang kuat, prestasi gemilang bisa diraih. Semoga tahun depan kita dapat meraih pencapaian yang lebih tinggi lagi." kata Dr. Herlambang Sigit Pramono, S.T., M.Cs..

Tim Abhinaya UNY terdiri dari 13 mahasiswa dari berbagai jurusan dan dosen pembimbing Prof. Ir. Moh  Khairuddin, M.T., Ph.D. dan  Dr. Herlambang Sigit Pramono, S.T., M.Cs. dan  Anggota tim yakni Ketua: Ilham Widyo Nugroho ( D4 Teknik Elektronika), Manager: Mustika Wahyu Aprilia (Fisika), Rose Pita Nur Afifah (Pend. Teknik Mekatronika), Program: Tri Wahyu Handoyo (Pend. Teknik Mekatronika), Salsabila Azzahra Putri Shopia Dewi Utami (Pend. Teknik Mekatronika), Farhan Yuda Mahendra (Pend. Teknik Mekatronika), Elektronik: Abdul Hasib Adzdzin Nuha (Pend. Teknik Elektronika), Agus Bagaskoro (Pend. Teknik Elektro), Ikhsan Nurrohman (Teknik Elektro), Mekanik: Muhamad Ilham Sony (Teknik Manufaktur), Caesar Sokma Langgeng (Teknik Manufaktur), Edo Raja Saputra Siahaan (D4 Teknik Mesin), Rionaldi Nugroho (D4 Teknik Elektronika)

Harapannya kemenangan ini dapat menjadi inspirasi bagi mahasiswa lain dan juga tim Abhinaya sendiri agar terus berinovasi dan berprestasi. Tim Abhinaya telah membuktikan bahwa dengan kerja keras, dedikasi, dan semangat yang tinggi, segala sesuatu bisa dicapai.