- Alamat : Kampus Karangmalang, Yogyakarta, 55281
- Telp. (0274) 586168 psw. 1216,1276,1289,1292 (0274) 586734 Fax. (0274) 586734
- Help Desk (WhatsApp) : 0895-2919-9119 (Jam Kerja 08.00 - 15.30 WIB)
- website : http://ft.uny.ac.id
- e-mail: ft@uny.ac.id
You are here
Game “Broom-Broom” Simulasi Lalu Lintas Lewat Android
Berawal dari keresahan melihat pendidikan lalu lintas yang masih banyak sebatas teori, beberapa Mahasiswa UNY mengembangkan media pembelajaran untuk berlalulintas. Media pembelajaran ini diciptakan dalam bentuk game hasil kolaborasi mahasiswa Fakultas Teknik dan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta, yakni Muhammad Irfan Luthfi , Anisah Novi Karunia, Imas Nur serta Anisa Nurhadiyati yang tergabung dalam AIM Studio. Game tersebut diberi nama game “Broom-broom” yang dikembangkan untuk perangkat mobile berplatform android.
Game 2-dimensi ini dikembangkan secara khusus bagi siswa SMA sedrajat untuk pengenalan lalu lintas. Pembuatan model game dalam pembelajaran lalu lintas ini diharapkan mampu menarik minat siswa dan memudahkan dalam memepelajari materi. Apalagi game ini dikembangkan dalam bentuk simulasi, apa yang didesain dan dimunculkan di game merupakan bentuk simulasi nyata dari kondisi lalu lintas di Indonesia.
“Game ini memiliki tiga level. Di awal permainan, pengguna bisa memilih akan simulasi menggunakan mobil atau motor. Saat memilih mobil, interaksi menjadi tilt control yaitu perangkat android digerakkan melingkar seperti setir mobil. Saat pakai motor, interaksi menjadi tap pada layar,” ungkap Muhammad Irfan Luthfi sebagai programmer dari game Broom-broom. “Pada level satu game berupa pengenalan terhadap rambu-rambu lalu lintas. Di level kedua ada pengenalan marka jalan dan di level terakhir akan lebih kompleks, bahkan ada sesi seru juga di level terakhir karena ada polisi juga yang akan muncul mengejar pengguna yang tidak mematuhi aturan lalu lintas,” lanjut Irfan.
Produk Game Broom-Broom ini sudah diujicobakan kepada ahli media yang dinyatakan layak dengan skor rata-rata 3.42, ahli materi dengan kategori sangat layak dengan skor rata-rata 4,85, dan berdasarkan penilaian dari siswa media ini dinyatakan baik untuk dikembangkan lebih lanjut dengan skor rata-rata 3.80.
“ Kami sempat menguji cobakan game ini kepada siswa di SMA 1 Kasihan, dan disana tanggapan sangat baik. Banyak masukan untuk pengembangan. Harapannya, game ini bisa semakin berkembang, dan segera di publikasikan di Playstore agar bisa diakses banyak orang,”tutup Irfan. (meg)
Bagian dan Sub Bagian
Link Journal
Kontak Kami
Copyright © 2024,