Robot Rosemery UNY Raih Juara Kedua Kontes Robot Seni Tari Indonesia

Robot Rosemery meraih Juara Kedua dalam Kontes Robot Indonesia (KRI) Tingkat Nasional tahun 2023 pada Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI) yang diselenggarakan secara luring pada 22-25 Juni 2023 di Universitas Semarang (USM), diikuti 191 perguruan tinggi dengan 393 tim dibagi dalam 7 kategori. 

KRI merupakan kompetisi rancang bangun dan rekayasa dalam bidang robotika yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi. Ada tujuh kategori, yaitu Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI), Kontes Robot SAR Indonesia (KRSRI), Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Beroda, Kontes Robot Sepak Bola Indonesia(KRSBI) Humanoid, Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI), Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI), dan Kontes Robot Bawah Air Indonesia (KRBAI).

Rosemery terdiri dari dua buah robot kembar humanoid yang cantik dan dapat menari sesuai dengan tema KRSTI tahun ini, yaitu Tari Denok yang berasal dari Semarang Jawa Tengah. Tari Denok tersebut berhasil dibawakan dengan lincah dan lentur oleh 2 robot kembar ini. Ketua Tim Rosemery Dotu Perangga Sakti mengatakan bahwa persiapan tidak hanya dilakukan pada kedua robot, tetapi juga kualitas tim.

Perjalanan Tim Rosemery bisa sampai pada tahap ini, dimulai dari tahap pengiriman proposal calon tim peserta KRI. Tim yang lolos seleksi proposal tahap pertama mengikuti seleksi tahap kedua dengan memperlihatkan penampilan robotnya secara daring: mengirimkan video penampilan atau menampilkan robotnya secara real time melalui video conference. 

Setelah itu, peserta dibagi menjadi 2 wilayah, Tim Rosemery sendiri berada pada Wilayah I. Seleksi tahap Wilayah ini dilakukan untuk menyeleksi tim robot yang akan diundang untuk hadir secara langsung/luring pada Kontes Robot Indonesia 2023 Tingkat Nasional di Universitas Semarang (USM). Alhamdulillah, Tim Rosemery UNY berhasil meraih Juara 1 pada Kontes Robot Seni Tari Indonesia tingkat Wilayah, sehingga dapat mengikuti Kontes Robot Seni Tari Indonesia Tingkat Nasional.

Pada tingkat nasional Tim Rosemery UNY bersaing dengan dari 17 tim yang berasal dari 17 universitas berbeda seluruh Indonesia. Perjuangan Tim Rosemery terbayar dengan berhasil meraih Juara Kedua pada Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI) Nasional.

Dotu Perangga Sakti, ketua tim mengungkapkan rasa syukurnya atas pencapaian yang luar biasa ini. “Usaha tidak akan mengkhinati hasil, Alhamdulillah kami sangat bersyukur atas pencapaian ini, kami juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dari persiapan hingga pelaksanaan kegiatan Kontes Robot Seni Tari Indonesia” ujarnya.

Tim Rosemery yang ikut dalam Kontes Robot Indonesia (KRI) Tingkat Nasional tahun 2023 pada Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI) di Universitas Semarang, diikuti 16 mahasiswa aktif dari berbagai jurusan dan seorang dosen pembina. Dr. Herlambang Sigit Pramono, S.T., M.Cs selaku dosen Pembimbing dan sebagai anggota tim yakni, Advisor - Irwan Ardiansyah (Teknik Elektronika), Leandra Okta Nur Pratama (Teknik Elektro), Safitri Yuliana Utama (Teknik Elektronika), Ketua – Dotu Perangga Sakti (Pend.Teknik Elektronika), Manager - Durrotun Berliana (Pend. Teknik Mekatronika), Gheafni Fatikha Tassa (Pend. Teknik Mekatronika), dan Khofifah Diah Febrianti (Pend. Teknik Mekatronika), Motion Programmer - Nurlaila Umi Hasanah (Pend. Kimia) dan Ditra Syahrukh Mukhodam (Pend. Teknik Elektro), Hardware Programmer - Zakif Fatkul Irsad (Pend. Teknik Elektro) dan Nur Afiani Qonina (Pend. Teknik Mekatronika), Mechanic Engineer - Romi Efendi (Pend. Teknik Elektro), Electronics Engineer - Khafiizh Ahmad Mu’izz (Pend. Teknik Mekatronika), Radinka Pangestu Yustiarto (Pend. Teknik Elektronika), Adhitya Ari Yudha (Teknik Elektronika), Artistic - Alfia Wima Khairany  (Pend. Teknik Busana)