FT UNY dan FKIP UNTIRTA Sepakat Jalin Kerjasama

Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (FT UNY) sepakat menjalin kerjsama dengan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (FKIP UNTIRTA) yang ditandai dengan pendatangana Perjanjian Kerjasa antara Dekan FT UNY, Prof. Herman Dwi Surjono, Ph.D., dengan Dekan FKIP UNTIRTA, Dr. Dase Erwin Juansah, M.Pd., baru-baru ini. Dengan pertimbangan sedang berlangsung Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di masa pandemi Covid-19, maka penandatangan dokumen kerjasama dilakukan secara sirkuler atau desk to desk. Kerjasama ini ditekankan pada bidang pendidikan, pelatihan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan misi kedua belah pihak serta untuk mendorong peningkatan kinerja kedua belah pihak dalam perannya untuk mensejahterakan dan mencerdaskan masyarakat.

Ruang lingkup kerjasama ini meliputi pengembangan publikasi/jurnal ilmiah, pengembangan kualitas sumber daya manusia melalui kuliah tamu, pelatihan, dan kolaborasi penelitian, pemanfaatan sarana dan prasarana pendidikan, pertukaran mahasiswa dan kredit transfer, dan kegiatan-kegiatan akademik dan kemahasiswaan lainnya. Kerja sama ini dilandasi oleh kesadaran semua pihak akan perlunya peningkatan mutu kelembagaan, sumber daya manusia dalam penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran serta perlunya upaya menegakkan norma-norma pendidikan tinggi serta dasar untuk saling membantu dan tidak merugikan salah satu pihak ataupun kedua belah pihak.

Herman menjalaskan bahwa Perjanjian Kerjasama ini nantinya juga akan menjadi payung antara kedua belah unutk percepatan implementasi kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Ia berharap kerjasama ini juga akan saling memberikan maskuan-masukan untuk perbaikan kualitas layanan akademik dan kemahasiswaan antar kedua belah pihak. “Setiap kampus dituntut untuk bersinergi dalam rangka saling memberikan masukan apa yang baik di perguran tinggi lain agar dapat berkembang dan maju bersama-sama,” ungkap Herman.

“Tantangan dunia Pendidikan ke depan tentu akan semakin kompleks sehingga saran dan masukan termasuk dari sesma kalangan akademisi amat diperlukan untuk saling belajar demi perkembangan yang optimal,” tutup Dekan FT UNY.