Dorong Internasionalisasi, Fakultas Teknik UNY Perkuat Kerjasama dengan Universitas Taiwan

Untuk mempercepat capaian visi UNY menjadi universitas kelas dunia, Fakultas Teknik UNY melakukan berbagai upaya internasionalisasi bidang akademik di antaranya adalah memperkuat kerjasama dengan tiga universitas tingkat dunia di Taiwan.

Dekan Fakultas Teknik UNY, Prof. Herman Dwi Surjono, Ph.D., di sela-sela kunjungan kerjasamanya di universitas Taiwan mengatakan bahwa menjalin kerjasama dengan universitas tingkat dunia sangatlah penting. “Hal ini agar kualitas pendidikan, penelitian dan publikasi bisa setara dengan universitas mitra dunia” tutur Herman. (20/07/2023).

Dalam kesempatan ini, tiga universitas Taiwan yang menjadi tujuan kerjasama adalah National Central University (NCU), National Dong Hwa University (NDHU) dan National Taipei University of Technology (NTUT). Kerjasama tersebut dituangkan dalam bentuk Memorandum of Agreement (MoA) yang ditanda tangani dekan kedua belah pihak.

Di National Central University, Fakultas Teknik UNY dengan College of Electrical Engineering and Computer Science (EECS) menyepakati kerjasama untuk peningkatan penelitian dan publikasi bersama, staff mobility, dan student exchange program serta melaksanakan program Double Degree. Dekan EECS-NCU, Prof. Mu-Chun Su, merasa gembira dapat menjalin kerjasama ini dan berharap dapat malaksanakan kegiatan lainnya.

Kerjasama FT UNY dengan NCU Ini sudah berjalan cukup lama dalam dalam bentuk penyelenggaraan program Double Degree yakni antara prodi S2 PTEI FT UNY dengan GINLT EECS NCU. Dua orang alumni program DD antara lain Rio Nurtantyana yang baru saja lulus doktor dari NCU dan Muhammad Irfan Luthfi yang saat ini sedang menyelesaikan doktornya di NCU.

Di National Dong Hwa University, Dekan FT UNY bertemu dengan Dekan College of Science and Engineering, Prof. Wu-Yuin Hwang guna menyepakati kerjasama dalam academic mobility, research mobility, dan community services mobility. Prof Hwang menyambut baik atas penandatanganan perjanjian kerjasama dengan FT UNY ini. Beliau sudah tidak asing lagi dengan FT UNY, karena sudah sejak lama menjadi visiting professor dan berkolaborasi dalam penelitian dan publikasi bersama dekan FT UNY Prof. Herman.

Setelah penandatanganan ini, agenda dilanjutkan dengan pertemuan departemen Computer Science and Information Engineering guna membahas program Double Degree dengan departemen PTEI FT UNY. Pertemuan dihadiri oleh ketua departemen dan beberapa staff dosen setempat. Agenda diakhiri dengan kunjungan ke laboratorium AR dan VR di departemen CSIE.

Lawatan hari ketiga adalah ke National Taipei University of Technology (NTUT, Taipei Tech). Dekan FT UNY bersepakat dengan Dekan College of Electric Engineering and Computer Science (EECS), Prof. Scott Yang-Lang Chang, menandatangani perjanjian kerjasama dalam bidang credit transfer, student exchange, staff mobility, joint research, joint publication dan teaching practice.

Associate Dean EECS, Prof. Peng-Chun Peng, merasa bangga bisa menjalin kerjasama dengan universitas luar negeri seperti FT UNY ini. Harapannya perjanjian kerjasama ini bisa diimplementasikan dalam berbagai kegiatan yang dapat meningkatkan kualitas kedua fakultas. Kunjungan di NTUT ini diakhiri dengan lab tour dan fasilitas di dalam kampus.

Melalui kerjasama dengan ketiga universitas tingkat dunia tersebut, Herman berharap akselerasi FT UNY menuju universitas berkelas dunia dapat dipacu dengan lebih cepat, terutama melalui berbagai kegiatan akademik bersama baik untuk dosen maupun mahasiswa. Di samping itu, terbuka peluang beasiswa untuk para dosen FT UNY yang akan melanjutkan studi doktoral nya.