Alibaba Cloud Indonesia dan Fakultas Teknik UNY membangun kemitraan dalam Alibaba Cloud Academic Empowerment Program (AAEP)

Yogyakarta, 21 Desember 2023 - Dalam sebuah acara yang hangat, Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (FT UNY) menyelenggarakan acara kolaborasi dengan Alibaba Cloud Indonesia. Acara ini mencakup penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) serta mini seminar yang bertujuan untuk membentuk sinergi antara pendidikan tinggi dan industri teknologi.

Acara yang diselenggarakan di Aula gedung KPLT Lt. 3 FT UNY pada Kamis, (21/23) dihadiri oleh perwakilan dari Alibaba Cloud Indonesia, termasuk Eggy Tanuwijaya, Director of Solution Architect, Bayu Irawan, Training Ops Specialist Alibaba Cloud Academy, dan Gendhis Kayira, Marketing Manager Alibaba Cloud Indonesia. Turut hadir dalam acara ini Wakil Dekan Bidang Riset, Kerja Sama, Sistem Informasi, dan Usaha FT UNY, Dr. Drs. Totok Heru Tri Maryadi, M.Pd., serta segenap Ketua Departemen di lingkungan FT UNY. Tidak ketinggalan, mahasiswa Departemen Pendidikan Teknik Elektronika dan Informatika FT UNY juga turut berpatisipasi dalam acara ini.

Salah satu tujuan utama dari kolaborasi ini adalah untuk membina talenta lokal dengan kemampuan teknologi dan semangat kewirausahaan. Beberapa poin penting yang diangkat dalam acara ini diantarannya meliputi pengembangan keterampilan praktis yang bertujuan untuk memungkinkan pendidik dan siswa mengembangkan keterampilan praktis dalam teknologi inovatif yang sesuai dengan tuntutan di Indonesia dan negara-negara lain Tak hanya itu saja, Alibaba Cloud Academy akan memberikan saran dan dukungan yang diperlukan dalam berbagai teknologi cloud untuk mendukung pengembangan masa depan Universitas Negeri Yogyakarta dalam inovasi, digitalisasi, kolaborasi hijau di seluruh negeri, dan berbagai inisiatif Smart Education.

Wakil Dekan Bidang Riset, Kerja Sama, Sistem Informasi, dan Usaha FT UNY, Dr. Drs. Totok Heru Tri Maryadi, M.Pd., dalam sambutannya menyampaikan rasa bahagia yang mendalam atas kerjasama ini. "Hari ini, kita bersyukur dan berbahagia dapat menyelenggarakan acara penandatanganan kerjasama antara Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta dan Alibaba Cloud Indonesia. Kerjasama ini bukan hanya sekedar perjanjian formal, tetapi sebuah komitmen untuk bersama-sama berkontribusi dalam pembangunan pendidikan dan teknologi di Indonesia." ujar Totok Heru Tri Maryadi.

"Kami sangat senang bisa bekerja sama dengan tim yang berkompeten dan berdedikasi dari Alibaba Cloud Indonesia. Dengan pengalaman dan pengetahuan yang dimiliki oleh pihak Alibaba Cloud, kami yakin kerjasama ini akan membawa dampak positif dalam mengembangkan kualitas pendidikan di FT UNY. Kami berharap bahwa melalui kolaborasi ini, kita dapat menciptakan inovasi, mengembangkan talenta lokal, dan memberikan kontribusi nyata untuk kemajuan Indonesia." tambah Totok Heru Tri Maryadi.

Kolaborasi ini diharapkan tidak hanya membuka pintu bagi mahasiswa FT UNY untuk mengembangkan diri dalam bidang teknologi, tetapi juga menciptakan lingkungan belajar yang dinamis dan terkini. Semangat kolaborasi antara FT UNY dan Alibaba Cloud Indonesia diharapkan dapat menjadi contoh positif dalam menjembatani dunia pendidikan dan industri untuk bersama-sama mencetak generasi yang siap menghadapi tantangan masa depan.