UJIAN TULIS NASIONAL (UTN) PPG UNY

Diakhir program Pendidikan Profesi Guru (PPG), mahasiswa harus menempuh uji kompetensi, yang lazim disebut Ujian Tulis Nasional (UTN) online. UTN PPG Universitas Negeri Yogyakarta dilaksanakan pada hari Minggu 10 Agustus 2014 di Pusat Komputer (PUSKOM) UNY. UTN onlinediikuti oleh 56 mahasiswaPPG SMK Produktif yang berasal dari tujuh Program Studi, dan 35 mahasiswa PPG PGSD.

PPG SMK Produktif merupakan program pendidikan profesi guru yang diselenggarakan oleh Fakultas Teknik UNY bekerjasama dengan Direktorat Pendidikan Tinggi (DIKTI) untuk menyiapkan calon guru profesional di bidang vokasi/kejuruan. PPG SMK Produktif FT UNY, menyelenggarkan 7 Program Studi, meliputi pendidikan: 1) Teknik Elektronika, 2) Teknik Otomotif, 3) Teknik Informatika,        4) Teknik Sipil dan Perencanaan, 5) Teknik Boga, 6) Teknik Busana, dan 7 Desain Komunikasi Visual. Pelaksanaan perkuliahan untuk Program studi Desain Komunikasi Visual dilaksanakan dengan melakukan kolaborasi dengan Politeknik Seni (Poliseni) Yogyakarta.

Ujian Online dilakukan melalui komputer yang terhubung dengan server pusat dimana setiap peserta ujian melakukan login dengan user name dan password yang telah diberikan oleh panitia.Ujian dimulai pada Pukul 09.45 dan berakhir pada pukul 11.45 sesuai dengan alokasi waktu yang disediakan oleh masing-masing Program Studi. Sebelum ujian dilakukan penjelasan teknis oleh Tim Pengawas dan Tim IT UTN Onlineberkaitan dengan teknis pelaksanaan ujian kompetensi. Selain itu, peserta UTN mengikuti simulai ujian dipandu oleh Tim Pengawas UTN PPG, untuk memastikan semua peserta ujian memahami teknis pelaksanaan ujian online.

Pelaksanaan UTN online dilaksanakan di ruang Puskom UNY, dengan pertimbangan fasilitas ruang, tata udara, aksesbilitas komputer representatif, dimana setiap peserta diberikan tempat yang representatif untuk mengerjakan UTNdalam mengakses komputer. Jarak antara peserta satu dengan peserta lainnya cukup memberikan jaminan mutu untuk tidak saling bergantung. Untuk meningkatkan kinerja tim, panitia menyediakan 3 orang teknisi untuk mengantisipasi jika terdapat permasalahan teknis berkaitan dengan masalah komputer dan jaringan komputer. Alhamdulillah melalui manajemen yang baik pelaksanaan ujian dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Secara umum tidak terdapat kendala yang berarti akan tetapi ada catatan yang perlu disampaikan ke panitia pusat yaitu: 1) beberapa soal, gambar yang kurang jelas, 2) beberapa soal dan gambar tidak sesuai, dan 3) kisi-kisi soal yang diupload di http://seleksi.dikti.go.id sebagian tidak relevan dengan soal  UTN.