Tuan Rumah OGN dan LKG 2017

Universitas Negeri Yogyakarta dipercaya oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk menyelenggarakan Olimpiade Guru Nasional (OGN) dan Lomba Kompetensi Guru (LKG) Produktif SMK. Drs. Anas M. Adam, M.Pd., Direktur Pembinaan Guru Pendidikan Menegah, selaku Ketua Panitia dalam seremoni pembukaan OGN dan LKG 2017 di Hotel UNY (18/07-2017) melaporkan bahwa OGN  diikuti 163 guru SMA dan 50 guru SMK untuk LKG Produktif.

“Mereka yang lolos ini adalah perwakilan dari seluruh provinsi di nusantara yang telah lolos seleksi daerah masing-masing,” lanjutnya.

Anas menambahkan tujuan OGN dan LKG adalah untuk meningkatan kompetensi dan profesionalitas sebagai upaya meningkatkan mutu sumber daya manusia dalam mewujudkan pendidikan Indonesia yang mampu bersaing dalam era global.

OGN 2017  meliputi mata pelajaran  pelajaran Matematika, Fisika, Biologi, Kimia, Ekonomi,  Sosiologi, Geografi, Sejarah, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Penjasorkes. Sementara LKG Porduktif 2017 meliputi Teknik Kendaraan Ringan, Teknik Permesinan, Multimedia, Teknik komputer Jaringan, Akuntansi.

Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK), Sumarna Surapranata, Ph.D., dalam sambutannya menuturkan bahwa tidak ada kesuksesan tanpa sebuah upaya. “Kita semua berkumpul disini (UNY) salah satu kampus terbaik di Indonesia untuk berkompetisi, maka selamat berjuang untuk menjadi yang terbaik,” ucap Dirjen GTK.

“Semoga melalui kegiatan ini dapat memotivasi rekan-rekan guru dalam meningkatkan proses pembelajaran yang menarik, menyenangkan, dan mendorong peserta didik berpikir tingkat tinggi,” harap Dirjen GTK.

Sementara itu, Rektor UNY dalam sambutannya selaku tuan rumah mengucapkan selamat datang seraya menyampaikan rasa terima kasih atas dipercayanya UNY dalam menyelenggarakan event yang sangat penting ini. “Selamat datang di UNY, semoga rekan-rekan guru bisa merasakan kesejukan dan nuansa akademik yang baik disini,” ujarnya.
“Kepercayaan yang telah diberikan kepada UNY tentu akan kami jaga dan jalan kan sebaik-baiknya dan pada akhirnya saya ucapkan selamat berkompetisi dengan jujur, berintegritas dan penuh semangat,” tutup Rektor UNY.

Sebelum lomba dimulai seluruh peserta juga dibekali Workshop Penguatan Karakter Guru oleh Prof. Suyanto, Ph.D. Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta