Tirek Himanika Dominasi Juara Lomba Robot Line Follower Palembang

Mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika FT UNY kembali mengharumkan nama Universitas Negeri Yogyakarta. Dua tim yang dikirim berhasil merebut juara I dan II pada Pekan Raya Elektro Nasional ( PREN), 19 Maret 2014 lalu.  Tim pertama yaitu Tim Tirek HIMANIKA yang terdiri dari Muhammad Agus Satrio, Arif Rianto, dan Udin berhasil merebut juara I pada perlombaan. Sedangkan Tim Tirek HIMANIKA 2 beranggotakan Danang Gita S.W , Imron, dan Alifia Revan Prananda menduduki juara II.

Event yang diselenggarakan oleh Politeknik Negeri Sriwijaya Palembang, Sumatera Selatan ini merupakan Kompetisi Robot Line Follower bagi mahasiswa tingkat Nasional yang diikuti oleh beberapa universitas di Indonesia.

Kompetisi Line Follower merupakan kompetisi robot untuk menyusuri jejak garis secara otomatis.  Dua robot Line Follower yang berasil memenangkan lomba kali ini merupakan robot yang diprogram dengan bahasa C. Hasil compile program kemudian “ditanam” di bagian dalam robot sehingga robot dapat diatur tanpa perlu menggunakan komputer. Agar dapat berjalan, robot menggunakan sensor untuk mendeteksi kepekatan dari warna track. Jika warna  track semakin pekat, maka robot akan berjalan semakin cepat.

Kedua tim mengaku bahwa persiapan untuk lomba kali ini cukup minim. “Persiapannya sangat mepet, hanya sempat latihan untuk menyesuaikan track” ujar Muhammad Agus Satrio salah satu anggota tim. Walaupun dengan persiapan yang kurang maksimal, namun tim robot dari UNY ini berhasil melenggang lancar melewati tiap babak perlombaan.

Mahasiswa Teknik Elektronika FT UNY angkatan 2012 ini juga berbagi kunci sukses untuk menjadi juara di kompetisi robot line follower. “Kuncinya, kita harus menjaga kekompakkan tim, latihan akurat untuk menyesuaikan track, dan harus tahu kelemahan dan kelebihan robot”, ujarnya menutup wawancara.(nsa)