Tim Robot UNY Dominasi Kontes Robot Nasional Regional III

Tiga tim robot UNY berhasil merebut juara dalam Kontes Robot Nasional Regional II di GOR Ki Bagoes Hadikoesoemo Universitas Islam Indonesia Yogyakarta (3-4/05). Salah satu nya adalah Tim Agnimon dari tim Robot Universitas Negeri Yogyakarta yang berhasil merebut juara 1 dalam Kontes Robot Nasiopnal 2013 Regional III DIY Jateng.
Robot dengan penampilan tokoh wayang hanoman ini menjuarai cabang Kontes Robot Seni Indonesia (KRSI) dimana pada cabang robot dituntut untuk bisa menari diiringi musik tradisional dan harus bisa mencapai finish . Agnimon inilah satu diantara sekian banyak peserta yang berhasil mencapai titik finish. Robot yang dipersenjatai 21 unit servo ini sanggup meliukan tangannya dalam posisi rentang, menyiku, posisi memberi hormat serta dengan posisi badan seperti tengah jongkok. Masih dalam posisi jongkok, Agnimon bergerak maju dengan cara menghentakan kakinya cukup cepat seperti ketika seseorang latihan lari ditempat secara cepat. Menurut mereka, kuncinya ada pada bagaimana caranya menciptakan keseimbangan robot. “Itu gerakan hanoman terbang membelah awan,” imbuh Rian salah satu anggota tim Agnimon
“Cabang KRSI merupakan kontes robot yang memadukan antara budaya Indonesia dan teknologi.  Untuk persiapan kami pada robot Agnimon sudah sejak satu tahun yang lalu, kalau untuk buatnya sekitar 6 bulan,” ungkap
 Kontes Robot Nasional ini memang merupakan agenda tahunan dari Dirjen Dikti Kemendikbud yang diawali dengan perlombaan ditingkat regional. Kontes Robot Nasional  terdiri dari empat cabang lomba yaitu Kontes Robot Indonesia (KRI) , Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) Beroda, Kontes Robot Pemadan APi Indoneisa (KRPAI) Berkaki, Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI), dan Kontes Robot Seni Indonesia (KRSI).
UNY sendiri mengirimkan masing-masing satu tim, yang sebelumnya sudah diseleksi  ditingkat universitas yang pada tahun ini diselenggarakan oleh UKM Rekayasa Teknologi.  Bersaing melawan 71 tim dari 23 universitas tim UNY berhasil merebut 3 juara, yaitu Juara 1 KRSI, juara 2  pada cabang KRPAI Beroda dan juara Strategi Terbaik pada cabang KRI. Dengan hal itu maka tiga tim harus melaju lagi ke tingkat Nasional di UDINUS Semarang bersaing dengan jawara dari tingkat regional lain. “Setelah lolos di tahap ini kita akan menyiapkan untuk tahap nasional tanggal 13- 16 Juni 2013, semoga kita bisa mempersembahkan kemenangan untuk UNY,”tangkas Rian. Andri Kepala Divisi Robotika UKM Restek berharap   Robotika UNY bisa berprestasi dikancah nasional bahkan internasional. Kemudian dengan perkembangan robotika UNY bukan sekedar kemenangan yang bisa kita kuasai tapi juga tentang seberapa banyak teknologi yang bisa kita kuasai dan bisa bermanfaat untuk kita semua. (meg, sumber foto : PDD UKM Rekayasa Teknologi)