Tim mobil Indonesia berbaur bersama di Garuda UNY Racing Team

Garuda UNY Racing Team yang telah meraih prestasi ditingkat nasional maupun Internasional hari ini sabtu 5 desember 2015, memberikan paparan hasil perjuangan pada International Student Green Car Competition 2015 yang berhasil meraih gelar “Best Of the Best” di korea selatan dan perlehatan akbar seri SAE di Student Formula Japan 2015 yang berhasil mendapatkan 2nd Rookie, 4th Overseas team, 5th efisiensi, serta peringkat 29 overall (upgrade dari kelas C ke kelas A) di Tokyo Jepang. pada paparan kali ini, Garuda UNY Racing Team tergabung dalam acara “Seminar Nasional Otomotif dan Diseminasi Garuda UNY Racing Team”. Selain pemaparan, acara ini di isi oleh Bapak Giri dari PT. NISSAN MOTOR Indonesia dan Bapak Kir Haryana dengan tema “Peran Perkembangan Industri Otomotif dalam Mendukung Pertumbuhan Nasional” yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Otomotif FT UNY 2015 bekerjasama dengan KOMPAS serta sponsor terbaru GURT yaitu PT. Panatek Rilon, Fukai (Jepang), Embrella (Jepang).
Dalam acara ini, yang bertempat di gedung KPLT FT UNY Garuda UNY Racing Team mengajak tim mobil dari berbagai kota di Indonesia untuk berbaur dan berbagi pengalaman bersama. Tim yang datang diantaranya dari Universitas Gadjah Mada, Universitas Muhammadiyah Yogykarta, IST Akprind Yogyakarta, Universitas Udayana Bali, Universitas Negeri Malang, Universitas Pasundan, serta Universitas Islam Indonesia. Bukan hanya tim mobil Indonesia, tetapi masyarakat dan SMK Pancasila 1 Wonogiri turut hadir untuk berdikusi tentang desiminasi dan pengalaman selama berlaga di berbagai kompetisi. Para tim mobil yang berasal dari mahasiswa Indonesia saling bertukar pikiran dan ilmu untuk kemajuan otomotif Indonesia mulai dari pengorganisasian sebuah tim sampai eksekusi pembuatan mobil dan cara penyelesaian masalah di dalam tim. Dari diskusi ini, setiap tim merupakan kawan karena mereka bertanding di kanca Internasional bukan hanya membawa nama Universitas tetapi nama bangsa Indonesia. Tim mobil Indonesia harus solid dan menjalin komunikasi yang baik.
Kedepannya, diharapkan perusahaan Indonesia turut andil dalam perkembangan teknologi Indonesia. Dengan hal itu, teknologi akan lebih maju dan berkembang dari tangan muda mahasiswa Indonesia. “saatnya kita menjadi bapak buah, biarkan Negara jepang maupun Negara eropa juga merasakan menjadi anak buah” jelas Bondan selaku ketua tim Garuda UNY Racing Team. Semangat Indonesia harus segera bangkit dari tangan – tangan muda Indonesia dimulai dari pertemuan tim mobil Indonesia. Bapak Zainal Arifin selaku Advisor GURT juga mengungkapkan “bukan hal yang mustahil lagi jika Indonesia mau menyelenggarakan SAE seri Indonesia. Hanya dibutuhkan kepedulian perusahaan – perusahaan yang ada di Indonesia untuk menampung semangat para tim mobil Indonesia. Dan hal itu pasti terjadi”.
Di penghujung diskusi, di tahun 2016 beberapa tim dari mahasiswa Indonesia akan kembali berlaga di kanca Internasional termasuk Garuda UNY Racing Team yang akan mengikuti International Student Green Car Competition 2016 di Korea Selatan dan 2016 Student Formula Japan di Ecopa Tokyo Jepang. (Yoko)