TIM GATAX CYBER-UNY JUARA 1 ROBOT SUMO

Tim Robot UNY dari Unit Kegiatan Mahasiswa Rekayasa Teknologi (UKM Restek) Universitas Negeri Yogyakarta, yang menyebut dirinya GATAX CYBER TEAM, meraih Juara Pertama dalam lomba SumoBot dalam Technopreneur 2019 yang diselenggarakan oleh Universitas Gajah Mada (10-11/04/2019). Tim ini terdiri dari mahasiswa Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta angkatan 2017 diantaranya Raden Budi Santoso sebagai ketua yang juga merupakan bagian dari Tim Robot Rosemery, kemudian selaku anggota tim adalah Muhamad Andi Widyanto yang juga bagian dari Tim Robot KRTI serta Viko Vauzul Adzim yang juga anggota Tim Robot KRTI.

Technocorner 2019 sendiri diselenggarkan oleh Keluarga Mahasiswa Teknik Elektro dan Teknologi Informasi Universitas Gajah Mada dengan mengangkat tema The Biggest Technological War. Ada beberapa kategori lomba dalam event ini seperti Electrical Engineering Competition, IoT Development Competition, SoccerBot, SumoBot, MachBotTIM Robotika UNY mengikuti Lomba Robot kategori SumoBot.

SumoBot merupakan kompetisi robot yang layaknya pertandingan Sumo sebenarnya ditentukan sesuai dengan peraturan pertandingan. Jadi, dua robot ditandingkan untuk saling dorong sampai salah satu robot terdorong keluar arena yang berbentuk lingkaran atau terjatuh untuk dinyatakan kalah.

Raden Budi Santoso menceritakan bahwa Robot dari GATAX CYBER TEAM UNY menggunakan sistem autonomus atau otomatis yang dapat diaktifkan melalui satu tombol. Sumo Robot Competition ini di ikuti oleh lebih dari 40 peserta yang berasal berbagai kampus di Indonesia bahkan beberapa kampus dari luar jawa juga mengikuti kompetisi ini seperti dari dari Institut Teknologi Kalimantan, Universitas Sumatera.

“Sehingga persaingannya sangat ketat, Alhamdulillah tim kami berhasil melewati tiap babak-babak hingga mencapai babak final karena kami telah menyiapkan diri sebaik mungkin agar tidak ada kendala saat pelaksanaan lomba,” kenang Raden.

Hasil lengkap dari Sumo Robot Competition ini Juara 1 diraih oleh GATAX CYBER TEAM dari UNY, juara 2 TIM Robot AMIKOM, Juara 3 MicroClub Universitas Gadjah Mada dan Best Design diraih TIM ZEN UNY.