Tempat Kuliner ala Mahasiswa Boga

Dalam rangka menempuh mata kuliah Restoran, mahasiswa Boga Fakultas Teknik membentuk tempat kuliner bertempat di halaman Jurusan Pendidikan Teknik Boga Busana (PTBB) Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta yang buka dari jam 7 pagi hingga pukul 15.30 wib. Griya dahar ini mendapat modal awal dari Jurusan PTBB sehingga keutungan yang diperoleh akan dibagi antara mahasiswa yang bersangkutan dengan  pihak jurusan untuk pengembangan fasilitas dan alat produksi. Tiap kelas dari semester 6 secara bergantian akan menawarkan konsep restoran mereka dalam 3 Minggu.
Kesempatan minggu ini adalah dari kelas Reguler, mereka menamai Tempat Makannya dengan nama Pelangi yang dibagi menjadi menjadi tiga divisi, yakni Pelangi Restoran, Pelangi Resto, dan Pelangi Cake Shop. Pada divisi restoran atau sering disebut dengan restoran formal menjajakan berbegai makanan yang sering dijumpai di perjamuan ala Eropa, seperti steak, chicken roll, ice cream dll.  Selain itu divisi yang diketuai oleh Rizky Cahya ini juga memberikan pelatihan Table Manner yang mana ada 4 sesi dalam pelatihan ini yaitu Appetizer, Soup, Main Course dan Dessert, peserta yang lulus dalam pelatihan juga akan diberi Sertifikat Lulus Table Manner. Sedangakan pada divisi resto yang diketuai oleh Salman Haryono menjajakan aneka makanan seperti, nasi goreng, soto, ayam bakar, soup, sosis dan lain-lain. Kemudian Cake Shop menawarkan aneka makanan ringan seperti kue, camilan, jajanan pasar dan juga minuman yakni, juice, squash, ice blend dan lain sebagainya.
Dengan adanya agenda ini, para mahasiswa sangat berbahagia karena mereka dapat mengaplikasikan secara nyata ilmu yang mereka dapat selama perkuliahan dan belajar tentang bagaimanan membuat suatu bisnis kewirausahaan. Selain itu, kegiatan ini juga memaksimalkan potensi mereka dalam mengkreasi produk makanan siap saji. (haryo)