Techno Festival FT UNY 2011

Segenap Organisasi Mahasiswa (ormawa) Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta menyelenggarakan Techno Festival di halaman Fakultas pada sabtu dan minggu, 26 dan 27 November 2011. Tujuan dari acara ini adalah untuk memperkenalkan kreativitas dan potensi yang dimiliki seluruh civitas akademika FT UNY kepada seluruh khalayak luas. Selain ini, dengan adanya event ini diharapkan akan semakin mempererat hubungan kekeluargaan seluruh anggota Ormawa di FT UNY.

Wakil Dekan I FT UNY, Dr. Sudji Munadi yang membuka acara ini menyampaiakan rasa terima kasihnya kepada seluruh Ormawa yang telah membantu memperkenalkan keberadaan FT kepada masyarakat. “Ini merupakan salah satu langkah awal untuk kebangitan kita, dan harapannya event ini dapat lebih dimatangkan, sehingga acara bisa lebih meriah. Dosen jurusan mesin ini menjelaskan bahwa FT memiliki 6 jurusan dan 17 Program Studi dan di setiap jurusan tersebut memiliki karakteristik yang berbeda-beda,dan menurutnya itulah kekayaan fakultas ini.”Kita sebagai keluarga besar FT memiliki tanggung jawab yang sama untuk menjaga dan meningkatkan kekayaan tersebut”, imbuhnya.

Hastin, sie Humas, menjelaskan bahwa pada Techno Festival ini, antara lain diadakan Stanisasi yaitu pendirian stan yang memamerkan karya-karya Proyek Akhir mahasiswa – mahasiswa FT seperti Mesin perontok bulu ayam, alat pencuci galon, Alat Pencetak Pelet dan lain-lain. Stanisasi ini juga memamerkan prestasi – prestasi yang diraih mahasiswa FT UNY diajang Nasional antara lain, Mobil Listrik Bugi Power Car, Siomini, permen jelly, dan masih banyak lagi. Selain itu ditunjukkan juga robot-robot inovatif karya mahasiswa.  

Disamping stanisasi diadakan juga lomba – lomba yang menarik seperti kompetisi futsal untuk seluruh mahasiswa, lomba bottle juggling untuk umum dengan tema UNY mocktail flair competition, lomba mewarnai untuk seluruh Taman Kanak-Kanak di Yogyakarta, lomba modification contest yakni lomba modifikasi motor untuk kelas pemula hingga kelas professional.

Kemudian yang menarik adalah diadakannya kompetisi Dimas Diajeng FT UNY yang mana untuk memilih satu pasang mahasiswa FT sebagai Duta untuk mempromosikan FT UNY kedepannya. Dalam ajang ini diikuti oleh mahasiswa angkatan 2009 dan 2010 dari seluruh jurusan yang ada di FT. Di ajang ini dimenangkan oleh Adhi Wicaksosno dari jurusan Pendidikan Teknik Informatika sebagai Dimas didampingi Diajeng Indri Purwitasary dari jurusan Pendidikan Teknik Mekatronika.

Selain itu juga diadakan Fashion show sebagai ajang unjuk gigi karya – karya busana inovatif yang diciptakan mahasiswa-mahasiswa jurusan Pendidikan Teknik Busana. Serta ada demo masak bersama jurusan Pendidikan Teknik Boga dan juga demo robot dari Jurusan Teknik Elektro dan Elektronika. Disamping itu juga diadakan aksi penanaman pohon dilingkungan FT UNY sebagai untuk penghijauan.

Seluruh rangkaian acara yang mengambil tema Technicolour Energizing The Earth ini ditutup dengan Tablig Akbar dengan tausiyah dari Ustad Kustriyanto, salah satu pengasuh PPA Darul Quran dengan tema “Pasanagn Kehidupan Seindah Impian”.(haryo)