Tawaran Studi Lanjut di Youngsan University, Korea

Prof. Dr. Je Dae-Sik, M.Pd., Direktur Kantor Kemitraan Indonesia Youngsan University, Korea menyambangi Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) (23/01-2015) untuk memaparkan program studi lanjutan di Youngsan University, Korea. Presentasi ini dihadiri pimpinan fakultas serta dosen-dosen FT UNY dan juga para mahasiswa tingkat akhir yang memiliki minat untuk melanjutkan studi di Korea.
Dekan FT UNY, Dr. Moch. Bruri Triyono dalam sambutannya memberikan motivasi kepada para mahasiswa untuk memaksimalkan setiap peluang yang ada dalam hal pengembangan diri. “Melanjutkan studi ke luar negaeri bukan lah hal yang sulit, peluang terbuka lebar dan tawaran juga sangat banyak jadi sekarang tergantung niat dan usaha rekan-rekan mahasiswa untuk mampu menggapainya”, tutur Dekan FT UNY.
Dr. Bruri Triyono menambahkan bahwa FT UNY terus mengembangkan jaringan kerjasama internasional. “Harapannya kita tidak hanya sukses bersaing di level ASEAN bahkan di lingkup yang lebih luas pun kita sudah harus siap”, tutup Dekan FT UNY.  
Sementara itu, Prof. Dr. Je Dae-Sik, M.Pd., dalam presentasinya menjelaskan bahwa di Youngsan University memiliki program double degree untuk S1 dan S2. “program S2 disyaratkan mahasiswa telah menempuh 15 sks (dua semester) di UNY kemudian melanjutkan 16 sks di Korea”, ujar Profesor yang lama mengenyam pendidikan di Indonesia ini.
“Sedangkan untuk program double degree S1 mahasiswa disyaratkan telah menempuh perkuliahan sebanyak 70 sks atau empat semester di UNY”, imbuhnya.
“Selain syarat akademik tersebut, dalam proses seleksi peserta juga harus memenuhi kemampuan berbahasa inggris dan korea serta diwajabkan membayar biaya administrasi pendidikan yang telah ditentukan”, bebernya.
Ia menambahkan bahwa biaya administrasi tersebut dapat dicover dengan cara mahasiswa mencari beasiswa-beasiswa yang ditawarkan oleh Pemerintah Indonesia.
Youngsan University sendiri merupakan kampus yang sangat concern dengan kerjasama di Indonesia, terbukti dengan didirikannya Office of Indonesia Affair di kampus yang terletak di kota Busan ini.
“Silahkan rekan-rekan mahasiswa mempersiapkan diri sebaik-baiknya termasuk meningkatkan kemampuan bahasa Korea, sekitar bulan Mei saya akan kembali ke UNY bersama beberapa rekan dari Youngsan untuk melakukan seleksi, semoga salah satu atau sebagian besar mahasiswa disini bisa menjadi bagian dari kami”, tutup Prof. Dr. Je Dae-Sik, M.Pd. (hryo)