Talent Scouting 2013 : Lulusan FT UNY siap tingkatkan kualitas pembelajaran di SMK

Penerapan kurikulum 2013 masih menjadi hal yang sangat baru bagi para guru, sehingga harapannya  para mahasiswa, peserta program Talent Scouting Tahun 2013, mampu memberikan jawaban serta informasi terkini perihal implementasi kurikulum 2013 di sekolah kejuruhan”, ujar Dekan Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta, Dr. Moch. Bruri Triyono di depan seluruh peserta program Talent Scouting Guru SMK Tahun 2013 saat Workshop Pembekalan Nasional di Hotel UNY (22-24/07).

Pembukaan Pembekalan tahap akhir ini juga dihadiri Drs. Ramles Simbolon selaku perwakilan dari Direktorat Pembinaan PTK Dikmen. Tujuan workshop pembekalan ini adalah untuk mensosialisasikan Program Talent Scouting Guru SMK Tahun 2013 serta memberikan pembekalan materi program Talent Scouting Guru SMK tahun 2013 secara nasional dan internal perguruan tinggi.

Staf Ahli Wakil Dekan I FT UNY, Muhammad Ali M.T yang menjadi penanggung jawab Program Talent Scouting di FT UNY menjelaskan bahwa Program Talent Scouting mempunyai tujuan utama untuk meningkatkan proses pengajaran di Sekolah Menengah Kejuruhan.

“FT UNY sendiri dalam beberapa tahun telah dipercaya Direktorat Pembinaan PTK Dikmen untuk menyeleksi maupun membekali lulusan kami maupun maupun mahasiswa yang minimal telah melaksanakan Program Praktik Lapangan untuk mengikuti program ini”, ungkapnya.

“Dalam program ini, para peserta akan mengajar di beberapa  SMK terutama yang masih kekurangan tenaga pendidik seperti daerah Kalimantan, disana mereka akan mengajar selama 5 bulan mulai tanggal 9 Agustus 2013”, tambahnya.

“Tahun ini kami mengirimkan 44 lulusan dari FT UNY yang telah terpilih melalui sleksi yang cukup ketat karena tahun ini ada sekitar 156 pelamar, dan Semoga mereka dapat meningkatkan kualitas pembelajaran serta sharing informasi tentang perkembangan tekini pendidikan vokasi”, tandas Ali. (Haryo)