SIOMINI Meraih Juara 1 Nasional

Siomay Cumi-cumi Warna Warni (Siomini)  hasil karya Elsa Mareta dan Arum Larasita mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Boga FT- UNY meraih Juara I Nasional dalam Lomba Inovasi Pengembangan Produk Hasil Perikanan (25/10/2010) yang diselenggarakan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan. http://www.dkp.go.id/data/c/52/461/lomba-inovasi-pengembangan-produk-has.... Siomini  menyisihkan 20 jenis produk inovasi hasil perikanan dari para Finalis Lomba yang berasal dari seluruh Indonesia. Peserta Lomba terdiri dari masyarakat umum, BPPT dan Universitas  dapat dilihat di   http://www.dkp.go.id/archives/c/2/3475/finaslis-lomba-inovasi-pengembang...

  Kalau biasanya siomay berwarna putih keabu-abuan maka siomay karya mahasiswa ini dibuat berwarnawarni menggunakan berbagai pewarna alami. Oleh karena itu produk karya mereka dinamakan Siomini (Siomay Cumi-Cumi Warna Warni). Warna-warnanya pun dibuat dari bahan pewarna alami. Variasi warna siomini  merah keungu-unguan, kuning dan hijau. Warna merah keunguan berasal dari sari buah bit, warna hijau berasal dari sari sawi hijau dan warna kuning di dapatkan dari sari wortel. Siomini ini mempunyai kulit yang lembut karna dibuat dari dadaran tepung terigu dan tepung tulang ikan. Siomini dibuat denganmenggunakan teknik olah kukus, dimana teknik kukus dan warna yang menarik dari sari sayuran membuat siomini tergolong makanan yang sehat dan  bernilai gizi tinggi. Siomini disajikan dengan saus sambal beda dengan siomay pada umumnya yang disajikan dengan saus kacang.    

 
       Untuk berlaga dalam Lomba ini Elsa dan Arum didampingi satu dosen Pembimbing Fitri Rahmawati, M.P. Pada Laga Final ini Elsa dan Arum bersama pembimbing harus mengolah formulasi/resep Siomini yang telah terpilih menjadi Finalis  dihadapan para dewan Juri dalam waktu 2 jam sudah termasuk penyajiannya. Siomini dinilai paling unggul dari aspek inovasi,komposisi bahan, rasa, teknologi, penyajian dan penampilan oleh 5 orang dewan Juri dimana salah satu dewan Juri adalah Koki ternama Rudi Choerudin.
     Dari kegiatan ini Tim mendapatkan hadiah berupa tropi dari Kementrian Kelautan dan Perikanan yang diberikan hanya untuk juara I, berupa uang pembinaan sebesar  Rp.12.500.000,- serta hadiah lainnya dari beberapa sponsor.   Produk siomini karya Elsa dan Arum ini selanjutnya akan diupayakan untuk mendapatkan hak paten dan diharapkan dapat dikembangkan menjadi suatu wirausaha baru.  Hasil lomba ini diharapkan dapat memacu semangat mahasiwa yang lain untuk lebih semangat dalam berkreasi, networking , marketing dan publikasi agar produk-produk mereka dikenal oleh masyarakat maupun pemerintah melalui  berbagai lomba baik tingkat daerah maupun Nasional. Elsa dan Arum mengharapkan dukungan dari pihak universitas untuk dapat memasarkan dan mengembangkan usaha siomini ini sehingga siomini menjadi salah satu ikon kuliner UNY dan Yogyakarta. (noor)