Senior Expert dari Jepang Menjadi Staf Pengajar di Prodi Busana

Dalam rangka kerjasama antara UNY dengan Japan Internacional Cooperation Agency (JICA), Fakultas Teknik UNY menerima seorang tenaga pengajar dari Jepang, Horiguchi Michiyo, Silver Expert bidang Fashion Design. Mulai hari ini, selasa, 8 Februari 2012, Michiyo telah berkantor di Fakultas Teknik untuk mengajar para mahasiswa Prodi Busana selama 2 tahun kedepan.

Dalam program JICA sebelumnya, Michiyo mengajar para guru-guru vokasi di Meksiko pada 2009-2011. Micihiyo merupakan senior volunteer dengan gelar Bachelor of Arts di Home Economics dari Japan Women’s University serta Diploma dari Kyoto Women’s Prefectural Collage. Perempuan yang di Jepang bekerja di sebuah perusahaan pakaian, Taniguchi Shirt Co., Ltd ini, juga memiliki sertifikat dalam bidang perdagangan, pembuatan pola serta pewarna pakaian.

Perempuan kelahiran Osaka 52 tahun yang lalu, saat ditemui redaksi Web, menuturkan bahwa setelah melakukan observasi singkat di Prodi Busana serta melihat karya – karya busana yang diciptakan para mahasiswa dirinya melihat ada potensi besar yang dimiliki para mahasiswa di jurusan busana ini. “Maka dari itu saya sangat bangga dan senang karena nantinya dapat bertukar ilmu dan pengalaman dengan para siswa serta staff pengajar disini, selain itu peralatan busana yang ada juga sudah memadai”.

Ketua Prodi Boga dan Busana, Noor Fitrihana, M.Eng, menjelaskan bahwa program ini bukanlah yang pertama ditempatnya karena pada 2010, Prodi Busana juga pernah mendapatkan staff pengajar, Junior Expert, dari Jepang. “Dengan adanya Ibu Micihiyo, kami berharap akan ada transfer ilmu, kami dan para mahasiswa akan dapat belajar banyak hak terutama tentang industri pakaian dan sistem pembelajaran yang ada di Jepang", tuturnya. (haryo)