PT. Summarecon Agung Tbk. Gandeng FT UNY Kembangkan Kurikulum Bidang Konstruksi

Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta bekerja sama dengan Departemen Pendidikan dan Pelatihan PT. Summarecon Agung Tbk. dalam mengembangkan kurikulum beserta perangkat pembelajaran khususnya bidang Konstruksi. Perangkat pembelajaraan ini kemudian diaplikasikan pada proses untuk pendidikan dan pelatihan di perusahaan yang bergerak di bidang jasa konstruksi dan pengembangan real estate ini. 

Summarecon sendiri yang telah membangun kota terpadu yang mengintegrasikan pengembangan perumahan dengan komersial, yang didukung oleh fasilitas yang beragam dan lengkap bagi para penghuninya. Dalam tiga dasawarsa terakhir, Summarecon telah mengembangkan kemampuan disegala bidang real estat meliputi pengembangan, arsitek, teknik, manajemen proyek dan konstruksi, perencanaan tata kota, infrastruktur, teknik desain yang berkelanjutan, manajemen kota terpadu, dan manajemen properti ke dalam pengembangan kota terpadu.

Ketua Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan, Darmono, M.T. menjelaskan bahwa pengembangan kurikulum dilakukan dengan melibatkan manajemen dan para ahli konstruksi dari PT Summarecon yang terdiri dari perwakilan manajemen, bagian perencanaan, general manager, manajer site dan inspektor yang bersinergi dengan dosen-dosen Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan dari Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta. 

Menurut Darmono, kurikulum Diklat yang dihasilkan berdasarkan analisis jabatan, tugas utama, serta kompetensi yang dibutuhkan “Mengacu pada kurikulum tersebut kemudian disusun lah perangkat pembelajaran yang terdiri dari modul pendidikan dan pelatihan, media pembelajaran dalam bentuk power point dan video pembelajaran untuk memperkuat penyampaian materi kepada peserta,” beber Darmono.

Kurikulum pendidikan dan pelatihan bidang keahlian konstruksi PT Summarecon Agung terdiri dari tujuh modul untuk tiga jabatan yakni inspector, site manajer dan project manager
Ketujuh modeul tersebut diantaranya membahas tentang Management Proyek Konstruksi, Kendali Mutu Material Housing, Perencanaan dan Perhitungan Struktur & Arsitektur Bangunan, Metode Jaringan Distribusi Plumbing, Metode Pelaksanaan Infrastruktur, Standar Operasional Prosedur (SOP) Pekerjaan Infrastruktur, dan Perencanaan dan Perhitungan Struktur.