Prodi Pendidikan Teknik Mesin kembali raih Akreditasi “A” dari BAN PT

Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta kembali meraih peringkat akreditasi “A” berdasarkan SK Ketua BAN PT No. 759/SK/BAN-PT/Akred/S/VIII/2015. (Hasil selengkapnya dapat dilihat di halaman http://ban-pt.kemdiknas.go.id/direktori.php) Predikat ini berlaku lima tahun hingga 01 Agustus 2020.
Dr. Wagiran, Ketua Jurusan sekaligus Ketua Program Studi Pendidikan Teknik Mesin, menegaskan bahwa keberhasilan memperoleh status terakreditasi dengan peringkat A merupakan hasil kerja keras semua pihak. “Kami mengucapkan terima kasih kepada pimpinan UNY dan juga Fakultas, Bapak/Ibu Dosen dan karyawan, mahasiswa, alumni, dan mitra kerja atas kerjasama yang sangat baik selama persiapan hingga proses akreditasi. Tanpa bantuan dan kerja sama semua pihak tersebut, tentu sulit untuk mencapai predikat ini,” ucapnya. Lebih lanjut dikemukakan bahwa pembenahan sistem pengarsipan dan pendokumentasian karya dan rekam jejak kegiatan tri dharma yang dilakukan oleh dosen perlu ditata lebih baik dan komprehensif, sehingga apabila sewaktu-waktu dibutuhkan, semua data tersebut tersedia.
Sementara itu, Dr. Moch. Bruri Triyono, Dekan FT UNY, menyambut gembira hasil yang dicapai oleh Prodi Pendidikan Teknik Mesin dalam proses akreditasi tahun ini. “Harapannya, pencapaian ini dapat menjadi pemicu dan penambah semangat bagi prodi-prodi lain di Fakultas Teknik dan juga UNY yang sedang dan akan mengajukan usulan Akreditasi. Semakin banyak prodi yang memperoleh akreditasi dengan nilai “A” tentu akan meningkatkan kualitas dan kredibilitas UNY secara kelembagaan”. Lebih jauh, Dr. Bruri Triyono menegaskan bahwa pencapaian akreditasi ini menegaskan bahwa kualitas SDM dan kinerja yang ditunjukan oleh Prodi Pendidikan Teknik Mesin sangat memadai. Berdasarkan data kepegawaian, Prodi Pendidikan Teknik Mesin sendiri juga tercatat sebagai prodi yang memiliki jumlah guru besar paling banyak dibandingkan jurusan lain di Fakultas Teknik UNY.