Pembekalan Soft Skill bagi 2500 Mahasiswa FT UNY

FT UNY memberikan pembekalan soft skill  bagi 2500 mahasiswa (19-20/11/2011). Kegiatan ini dilakukan secara bertahap setiap hari Sabtu dan Minggu dengan setiap tahapan diikuti 300an mahasiswa. Pembekalan ini bertujuan untuk menumbuhkembangkan soft skill sebagai dasar untuk pengembangan diri mahasiswa selama kuliah dan terjun ke dunia kerja.

Menurut  Minta Harsana M.Sc ketua panitia kegiatan pembekalan ini merupakan sarana untuk agar mahasiswa FT UNY memahami potensi dirinya dan mengasah soft skill sebagai nilai tambah untuk bersaing dan meraih sukses dalam kuliah dan terjun ke lapangan kerja. Pembantu Dekan III FT UNY Pramudi Utomo M.Si menyatakan kegiatan ini merupakan program bidang kemahasiswaan untuk melengkapi kompetensi keahlian para mahasiswa di 6 Jurusan yang ada di FTYUNY agar mahasiswa  memiliki daya saing yang tinggi tidak hanya kompeten di bidangnya juga memiliki soft skil yang bagus sehingga mudah beradaptasi dengan lingkungan kerja dan masyarakat.

    Kegiatan ini dibuka oleh Dekan FT UNY Dr. Moch Bruri Triyono dan diihadiri oleh para pendamping kemahsiswaan di  17 program studi yang ada di FT UNY. Dr Bruri mengharapkan agar para mahasiswa mampu menyerap materi yang disampaikan oleh para instruktur agar nantinya meraih sukses kuliah dan mampu bersaing di dunia kerja serta  menjadi calon calon pemimpin masa depan sesuai dengan bidang keahliannya.

Perbedaaan  Hard skills dan Soft Skill adalah Hard Skill merupakan penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi, dan keterampilan teknis yang berhubungan dengan bidang ilmunya sedangkan soft skills adalah keterampilan seseorang dalam berhubungan dengan orang lain (interpersonal skills) dan keterampilan dalam mengatur dirinya sendiri (intrapersonal skills).   Keterampilan-keterampilan yang dimasukkan dalam kategori soft skills adalah integritas, kedisiplinan, inisiatif, motivasi, etika, kerja sama dalam tim, kepemimpinan, kemauan belajar, komitmen, mendengarkan, tangguh, fleksibel, komunikasi lisan, jujur, berargumen logis, dan lainnya. Dalam pembekalan Soft Skill bagi mahasiswa FT UNY ini lebih difokuskan pada peningkatan kreativitas mahasiswa dan mahasiswa  dapat belajar untuk meng-improve kapasitas diri mereka sendiri, tidak hanya dari segi akademik tapi juga soft skill ujar Minta Harsana.

Pembekalan ini berlangsung selama setengah hari dengan materi pengembangan diri melalui kegiatan kemahasiswaan, pengukuran kreativitas, Meraih Sukses dengan Soft Skill dan berbagai permainan indoor untuk menumbuhkan soft skill terutama pada kemampuan komunikasi , kerjasama team dan kreativitas. (noor)