Mahasiswa PTI Selenggarakan Edu-Tech 2014 Di Purbalingga

Perkembangan teknologi dan informasi memberikan banyak manfaat positif bagi kehidupan manusia. Namun, di sisi lain perkembangan teknologi juga memiliki dampat negatif apabila tidak kita sikapi secara bijaksana. Melihat hal tersebut, tujuh mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (PTI) Universitas Negeri Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan Edu-Tech (Education Technology) 2014 pada pada Sabtu-Minggu, 29-30 Maret 2014.. Mahasiswa tersebut adalah Hardika Dwi Hermawan, Ali Hasan Azis, Zein Syahida, Tri Nugroho, Siti Mahmudah, Anjar Rohmi dan Afifatul Khoriyah.

Edutech merupakan kegiatan Training dan Seminar ICT (Information and Communication Technology) yang diselenggarakan di Sekolah Kejar Paket C “Rahayu” Desa Cipaku, Kecamatan Mrebet, Kabupaten Purbalingga. Kegiatan training ICT diselenggarakan di hari Sabtu bertempat di SD N 3 Cipaku. Materi pelatihannya adalah desain grafis menggunakan photoshop CS6. Training diikuti oleh dua puluh lima siswa-siswi dan diisi langsung oleh mahasiswa PTI FT UNY.

“Kami memilih target siswa Kejar Paket C karena selama ini siswa-siswi Kejar Paket C masih kurang diberi kesempatan untuk belajar mengenai pemanfaatan ICT, padahal saat ini pengetahuan dan keterampilan berkaitan ICT sangat penting” ungkap Hardika selaku ketua panitia.

“Antusias siswa-siswi Kejar Paket C tersebut terlihat dari awal hingga akhir. Hingga acara pelatihan berakhir, siswa-siswi tersebut masih terus ingin belajar mengenai desain grafis menggunakan photohsop,” lanjutnya.

Seminar ICT dilaksanakan pada hari kedua di Balai Desa Cipaku. Seminar mengangkat tema “Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi secara Bijaksana” dengan pemateri Hardika Dwi Hermawan, Ali Hasan Azis dan Siti Mahmudah dari Mahasiswa PTI. Seminar ini dihadiri oleh 121 siswa-siswi Kejar Paket C “Rahayu”, Kepala Sekolah beserta tutor, Kepala Desa dan beberapa tokoh masyarakat.

“Dengan adanya kegiatan dari mahasiswa UNY ini, harapannya dapat memberikan wawasan kepada siswa-siswi Kejar Paket C dan seluruh peserta bagaimana memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi secara bijaksana, ” ungkap Bapak Sugiarto, S.Pd MM, kepala sekolah Kejar Paket C pada sambutanya.

Menurut Hardika, acara kali ini mendapat sambutan dan antusias yang baik dari peserta dan sekolah. Harapannya kegiatan seperti ini perlu diperhatikan terus agar orang-orang terutama siswa sekolah tidak salah dalam memanfaatkan teknologi.(dika)