Mahasiswa Jurusan Elektronika Menciptakan Media Pengenalan Gambar Dan Tulisan Untuk Anak Usia Dini

Abdullah Rifai, mahasiswa jurusan Elektronika menciptakan media pengenalan gambar dan Tulisan untuk Anak Usia Dini. Media ini merupakan teknologi otomatis yang membantu dalam proses belajar mengajar terutama pada proses anak dalam mengenal baca-tulis yang dipelajari di taman kanak-kanak ataupun  playgroup. Dengan adanya alat ini diharapkan proses belajar-mengajar di taman kanak-kanak dan  playgroup akan lebih menyenangkan serta mempermudah anak untuk memahami materi yang diberikan karena alat ini merupakan pengembangan dari alat yang sudah ada dengan dilengkapinya output suara yang di harapkan semakin mempermudah mengajarkan gambar dan tulisan kepada anak usia dini.

Mahasiswa angkatan 2008 ini menjelaskan latar belakang pembuatan media ini, karena berdasarkan pangamatan yang dilakukan, Ai, sapaan akrabnya,  menemukan jika seorang anak mendapati sesuatu hal yang membosankan ataupun kurang menarik, maka mereka cenderung akan menghindari hal tersebut.

“Padahal hal semacam itu banyak dihadapi oleh guru-guru yang mengajar di taman kanak-kanak ataupun playgroup yang mana sangat sulit untuk dapat mengajar tanpa membuat anak menjadi bosan bahkan menangis karena kurang menariknya proses belajar-mengajar. Berbagai cara dilakukan agar dapat membuat anak dapat mengikuti proses belajar mengajar dengan menyenangkan. Sering kali dijumpai taman kanak-kanak ataupun  playgroup yang tutup karena minat anak yang masih kurang, hal ini salah satunya disebabkan oleh kurang kreatifnya tenaga mengajar untuk dapat membuat proses belajar mengajar yang menyenangkan”, ugkapnya. Sehingga, dengan adanya alat peraga pengejaan tulisan berbasis mikrokontroler ATMega 16 ini tentunya akan sangat membantu guru sekaligus anak untuk membuat  proses belajar mengajar lebih menyenangkan dan dapat mengenalkan teknologi lebih dini sehingga kelak anak-anak akan dapat menemukan teknologi-teknologi baru yang lebih applicable.

Lebih jauh, Abdullah menjelaskan prinsip kerja alat media pengenalan gambar dan tulisan untuk anak usia dini berbasis mikrokontroler ATMega 16 ini adalah saat tombol saklar on/off  ditekan maka layar pada LCD akan menyala dan terdapat tulisan Paud alfabet, loading dan silahkan pilih nama binatang; Setelah LCD menampilkan tulisan “silahkan pilih nama binatang”, maka kita tekan tombol “next” yang berarti kita akan memilih salah satu gambar binatang dengan indikator LED yang menyala. Dan saat itu pula tampilan di LCD akan menampilkan tulisan nama binatang yang kita pilih disertai munculnya suara nama hewan yang kita pilih; Selanjutnya kita tekan tombol “tulis” yang berarti kita akan menulis huruf nama binatang yang tertampil di layar LCD; Ketika kita tekan tombol huruf alfabet, maka di layar LCD baris kedua akan menampilkan huruf apa yang kita tekan dan diiringi suara huruf yang kita tekan tersebut; Setelah semua huruf sudah selesai  kita ketik dan semua huruf sudah tampil di layar LCD, selanjutnya kita ketik tombol “enter”. Gunanya adalah agar kita bisa mengetahui benar salahnya huruf yang kita ketik dengan tampilan nama binatang pada layar LCD baris pertama. Dan indikator benar atau salah akan menginformasikannya disertai suara nada salah atau benar; Jika kita ingin memilih hewan lagi dan melanjutkan proses pembelajaran, maka kita tekan tombol “next” dan ulangi langkah – langkah tersebut.
Mahasiswa yang hobby futsal dan memancing ini, akan terus mengembangkan alatnya salah satunya dengan menambah varisai jumlah obyek gambar. Kemudian menggunakan IC MP3 agar waktu delay yang dibutuhkan untuk mengeksekusi data lebih cepat. (haryo)