Mahasiswa Elektronika Kembangkan Prototype Pengenalan Abjad Jari Bagi Penyandang Tuna Rungu

Agar dapat berkomunikasi dengan bahasa isyarat jari, penyandang tuna rungu perlu menghafal abjad jari untuk membentuk suatu kata dan kalimat. Sebenarya telah banyak media visual yang dapat digunakan untuk anak tuna rungu mempelajari abjad jari namun media visual yang digunakan terkesan monoton dan tidak didesain khusus sehingga membuat anak tuna rungu kurang tertarik dalam mempelajarinya.

Melihat hal ini, Aan Setiawan, mahasiswa Program Studi Teknik Elektronika Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta prototipe pengenalan abjad jari untuk tuna rungu. Alat berbasis mikrokontroler ATmega 32 ini menggunakan keypad dan LCD grafik. "Keypad A sampai Z digunakan sebagai input huruf abjad dan LCD grafik digunakan sebagai display karakter abjad jari",  jelas Aan. Dibandingan media pengenalan abjad yang sudah ada, tentu saja, alat ciptaan Aan ini jauh lebih praktis dan portable.

“Secara harfiah, abjad jari merupakan usaha untuk menggambarkan alphabet secara manual dengan menggunakan satu tangan dimana isyarat yang dibentuk dengan jari-jari tangan, baik tangan kanan atau tangan kiri, untuk mengeja huruf atau angka, ungkap mahasiswa angkatan 2009 ini.
Prototipe dibawah bimbingan dosen FT UNY, Aris Nasuha, M.T ini, ini ditujukan untuk  anak tuna rungu  dalam tahap awal belajar tentang pengenalan huruf abjad.” Dalam pelaksanaanya, awalnya anak membutuhkan pendamping untuk menggunakan prototipe ini dan selebihnya anak tersebut dapat belajar dan menggunakannya sendiri”, ungkap Aan.
“Spesifikasi alat ini adalah LCD grafik 128 x 64, Keypad matrix 5 x 6,Box atau casing dengan panjang 11,5 cm dan lebar 9,5 cm, serta memerlukan tegangan input maksimal 7,5 volt DC dan minimum 3 volt”, jelasnya.
Lebih jauh, Aan menjelaskan cara penggunaan alat ini, dimana setelah kabel power telah terhubung dengan sumber tegangan AC 220 volt, maka LCD akan menampilkan beberapa petunjuk pemakaian alat kemudian user dapat menekan keypad sesuai dengan huruf yang diinginkan, sehingga LCD akan menampilkan karakter gambar abjad jari dan huruf abjad.  Gambar yang diperagakan dengan tangan menghadap ke depan, setelah selesai, matikan tombol ON/OFF dan lepaskan kabel power dari tegangan listrik, tandas Aan.