LKS SMK DIY 2016 Bidang Teknologi

Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah raga (DIKPORA) Daerah Istimewa Yogyakarta kembali menggandeng Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta serta Balai Latihan Pendidikan Teknik (BLPT) DIY untuk menyelenggarakan Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK se Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) 2016 khususnya bidang Teknologi, pada Sabtu dan Minggu (5—6/11/2016).

Serangkaian agenda LKS ini dibuka oleh  Wakil Gubernur DIY Paku Alam X di SMKN 1 Depok pada 2 November 2016 yang juga dihadiri Bupati Sleman,Sri Purnomo, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY Baskoro Aji  serta Dekan FT UNY, Dr. Widarto.

Drs. R. Kadarmanto Baskoro Aji dalam laporannya menerangkan bahwa peserta kurang lebih 769 siswa yang terdiri dari kelas XI dan XII SMK. “Pemenang pertama akan mewakili kontingen DIY ke tingkat nasional, kecuali bidang lomba teknik sepeda motor dan perawatan kesehatan yang hanya sampai tingkat DIY,” katanya.

Sementara itu, Wakil Gubernur DIY Paku Alam X mengatakan, kegiatan ini mempunyai nilai serta arti yang sangat strategis. Karena dapat dipakai untuk melihat seberapa jauh kemampuan para siswa dalam menguasai dan mendalami disiplin ilmu yang mereka dapatkan.

"Kegiatan ini memberikan nuansa tersendiri bagi para peserta. Baik siswa maupun pendidik untuk senantiasa mengasah dan menuangkan buah pikirannya dalam bentuk pengembangan kreativitas serta inovasi yang merupakan implementasi dari seluruh kemampuan dan ketrampilannya," kata Wagub.

Sementara itu Dekan FT UNY, saat melakukan tinjuan pelaksanaan lomba di lab dan bengkel FT UNY menuturkan bahwa tahun ini ada 23 bidang lomba untuk kategori Teknologi. “16 bidang dilaksanakan di FT UNY yang diantaranya adalah Teknologi Otomotif, Mekatronika, Industrial Control, Mobile Robotic, Refrigeration, Electronic Application, Web Design, Information Technology, Software Application, CADD Mesin, Welding, Auto CAD Bangunan, Joinery, Cabinet Making, Wall and Floor Tilling, serta Plumbing,” ungkap Dr. Widarto.

“Sedangkan bidang lainnya di BLPT seperti CNC Turning, CNC Milling, Teknik Sepeda Motor, Pattern Making, Mould Making, Bricklying, serta Commercial Wiring,” tuturnya.

“Tentu harapan kami dengan pelaksanaan lomba ini akan menjadi pemicu bagi semua bidang keahlian di SMK untuk meningkatkan kemampuan dan dapat memotivasi para siswa untuk berprestasi sesuai dengan bidang kompetensinya,” tutup Dekan FT UNY.