Kerjasama dengan Saowabha Vocational College, Thailand

Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (FT UNY) memantapkan jalinan kerjasama dengan Saowabha Vocational College, Thailand. Kesepakatan kerjasama kedua universitas kini telah tertuang dalam sebuah Agreement  yang ditandatangani oleh Dekan FT UNY, Dr. Widarto, M.Pd., dengan Director Saowabha Vocational College, Wasumadee Imkaew.

FT UNY memiliki program kerjasama dengan universitas dari beberapa negara. Berbagai kegiatan akademik maupun budaya dilakukan sebagai upaya menjalin kerjasama. Kegiatan akademik maupun kebudayaan yang akan dilaksanakan oleh FT UNY dan Saowabha Vocational College di antaranya adalah praktik industri mahasiswa, guest lecture, student exchange, joint research on Home Economics, Food and Nutrition, Hospitality and Arts. 

"Agreement antara kedua institusi menjadi bukti kesungguhan Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta untuk menjalin kerjasama yang lebih erat dengan Saowabha Vocational College, Thailand. Perhatian kami tertuju pada kerjasama di bidang akademik. Kami berharap agar program-program kerjasama nanti lebih produktif dan aktif sehingga membawa manfaat bagi dosen pengajar, mahasiswa, dan alumni,” papar Dr. Widarto, M.Pd.

Kerjasama dengan FT UNY ini lebih jauh menitikberatkan pada kolaborasi dengan Jurusan Pendidikan Teknik Boga dan Busana (PTBB).
Dekan FT UNY menambahkan bahwa pihaknya mendukung kegiatan kerjasama ini. Selanjutnya, kerjasama ini diharapkan dapat memperkuat ikatan antara kedua negara yakni Indonesia dan Thailand.

“Kerjasama ini sangat menjanjikan karena banyak potensi kerjasama yang bisa dilakukan seperti dalam bidang boga, busana, rias, penelitian, dan pendidikan. Kita harus memperluas ranah kerjasama dan mempertahankan kegiatan kerjasama yang telah berlangsung," tandas.

Delegasi Saowabha ini selanjutnya bertandang ke PTBB, untuk membicarakan detail kegiatan kerjasama yang lebih spesifik dengan Ketua Jurusan, Dr. Mutiara Nugraheni berserta seganap pengurus jurusan.