Jurusan Pend. Teknik Elektro Jalin Kerja sama dengan PT. SMC

Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta sepakat untuk menjalin kerja sama dengan PT System Mekatronik Cipta Jaya Sentosa (SMC) dalam bidang rekrutmen alumni, pelatihan dosen, pendiriann Training Center, Uji kompetensi mahasiswa serta pemasaran produk. Kolaborasi ini ditandai dengan kunjungan dan rapat koordinasi perwakilan PT SMC yang terdiri dari Manager Training Center, Ignatius Mardiko Adi. P. serta staf Pemasaran, Aditya dan Staf Training Center, Hiskiawan (21/01-2014) di Ruang Transit KPLT FT UNY. Dua nama terakhir, aditya dan hiskiawan juga merupakan alumni dari Jurusan Pendidikan Teknik Elektro FT UNY.
Dalam pertemuan ini Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, diwakili langsung oleh Ketua Jurusan, K.Ima Ismara, M.Pd., M.Kes (In), didampingi Kaprodi Pendidikan Teknik Elektro, Moh. Khoirudin, Ph.D., Kaprodi Pendidikan Teknik Mekatronika, Herlambang Sigit Purnomo, M.Cs., serta Kaprodi Teknik Listrik, Rustam Asnawi, Ph.D., untuk membahas realisasi agenda kerja sama antara kedua pihak. 
PT. System Mekatronik Cipta Jaya Sentosa sendiri adalah pusat Training Center SMC® di Indonesia yang mempunyai core bisnis sebagai perusahaan training. Perusahaan ini merupakan bagian dari PT. Sinar Mutiara Cemerlang yang merupakan distributor utama alat – alat pneumatic dengan merk SMC® di Indonesia. Perusahaan ini juga menawarkan jasa Training yang berstandar internasional dalam bidang sistem otomasi industri. 
Manager Training Center SMC menuturkan bahwa pihaknya sangat berbahagia dengan terwujudnya rancangan kerja sama dengan Fakultas Teknik UNY khusunya Jurusan Pendidikan Teknik Elektro. “Kerjasama dengan dunia akademisi tentu sangat kami butuhkan terutama sebagai upaya membangun dan mengembangkan Sumber Daya Manusia kami”, tuturnya.
“Melalui kerjasama ini kami akan memfokuskan pada didactic serta dalam waktu dekat adalah rekrutmen dimana saat ini saya juga membawa dua alumni dari sini (FT UNY) yang terbukti mampu menunjukkan kinerja yang sesuai standar perusahaan kami”, imbuhnya.
Sementara itu, Ketua Jurusan Pendidikan Teknik Elektro FT UNY menuturkan bahwa serangkaian agenda kerjasama yang telah dirancang akan segera dirumuskan dalam jadwal-jadwal tertentu sehingga dapat segera berjalan dengan efektif dan efisien. 
“Ini adalah kerjasama jangka panjang dengan berbagai paket kolaborasi didalamnya, legalitas formal seperti MoU maupun nota kesepahaman dapat kita lakukan sambil berjalannya program - program kerjasama, bagi kami yang terpenting adalah sinergi antara pihak industri dan akademis bisa terus terbina sehingga memberikan manfaat positif bagi kedua belah pihak”, tutupnya. (hryo)