Juara I Ajang FISHMO-IM WEEK 2013

Tinta emas kembali ditorehkan oleh tiga mahasiswa dari Fakultas Teknik. Kali ini Yudik Yuliyanto (Pendidikan Teknik Elektro), Muhammad Nur Huda (Pendidikan Teknik Elektro), dan Syafiq (Pendidikan Teknik Mesin) berhasil menyabet juaraI dalam ajang Lomba Karya Tulis Ilmiah Fishery Marine Olympiad Indonesian Maritime (FISHMO-IM) Week  Tingkat Nasional Tahun 2013. Acara yang digelar di kampus Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya pada tanggal 14—15 Mei lalu itu bertemakan korelasi keberlanjutan maritim Indonesia sebagai penopang masa depan.
Rona kebahagiaan terpancar di mata Yudik dan teman-temannya. “Mewakili teman-teman  saya mengucapkan terima kasih atas doa dan dukungan civitas akademika Fakultas Teknik,” ucapnya.
Menurut Muhammad Nur Huda, motivasi utamanya dalam mengikuti ajang ini adalah memberikan sumbang ide dan gagasan bagi konservasi dunia maritim. “Terdorong rasa keprihatinan saya terhadap berbagai kesejahteraan nelayan Indonesia. Dengan melihat potensi kelautan Indonesia khususnya energy gelombang laut, kami mengambil judul ‘Ocean Wave Powered Energy Boat sebagai Solusi Krisis BBM pada Perahu Nelayan Tradisional’,” ujar mahasiswa yang aktif di UKM Penelitian UNY ini.
Dengan didasarkan pada penilaian abstrak, dipilihlah 100 judul terbaik dari 137 abstrak yang masuk untuk melengkapi menjadi full paper. Tahapan akhirnya dipilih 11 finalis terbaik untuk mempresentasikan karya tulisnya beserta prototype yang sudah dibuat. Saat presentasi salah satu juri berujar, “Ide yang ditawarkan ini merupakan ide yang tidak pernah kami pikirkan, ternyata bisa dimanfaatkan dan inovatif,” ujar juri yang merupakan dosen kelautan dan perikanan UB.
Sementara itu, pemenang lainnya adalah juara II diraih oleh IPB dan juara III diraih oleh UNSOED. Universitas yang berpartisipasi dalam lomba ini, antara lain UGM, UB, ITS, UNDIP, UNHAS, dan UNIMED. (ES)