GARUDA UNY TEAM REBUTKAN TIKET RACE KE EROPA

Sabtu (18/3), Setelah dinobatkan sebagai The Third Winner SEM Asia Pasifik 2017 di Singapura, Garuda UNY Eco Team juga dinobatkan sebagai salah satu peserta terpilih (recommended) untuk mengikuti Driver’s World Championship (DWC) di Regional Asia Pasifik.

“Ini adalah pengalaman pertama kami di “panggung” Shell Eco Marathon. Alhamdulillah target minimal bisa terpenuhi. Juara 3 dan bisa ikut serta pada seleksi DWC. More than amazing!” tutur Sutiman selaku Advisor.

Dengan capaian best result sebesar 221 km/l, tim mobil UNY bersama dengan 7 tim lain, UI, ITS, UNS, ITB, De LA Salle University, UGM, dan UNDIP, akan race hari ini memperebutkan tiket menuju Grand Final Driver’s World Championship (DWC) di Eropa Mei mendatang.

Perwakilan dari Shell Indonesia, Rini, terkesima dengan raihan GUT, “Saya sangat terkesima dengan UNY. Padahal baru new comer namun bisa meraih juara. Untuk new comerbiasanya bisa lolos Technical Inspection saja sudah merupakan prestasi luar biasa, apalagi bisa meraih juara seperti kalian. Ya, semua ini tentu tidak lepas dari kerja keras dan kekompakan tim kalian. Terus sukses untuk Garuda UNY!” Rini juga mendoakan agar GUT dapat berpartisipasi di SEM tahun mendatang dan berharap agar GUT dapat kembali dengan peforma mobil yang lebih baik lagi.

Lepas acara pengumuman juara Urban Concept, peserta terpilih sudah mulai sibuk menyiapkan kendaraannya untuk race yang lebih menegangkan. Lantaran pada race yang sebelumnya dituntunt untuk irit-iritan, lalu jadi kebut-kebutan. 

“Apapun bentuknya yang terpenting adalah hal yang sama. Memahami dan mematuhi aturan.” Kata Mustafit Septian driver Garuda UNY Eco Team.

I Wayan Yogi, reserve driver, menambahkan, tantangannya menjadi lebih berat karena mobil ini di design sebagai mobil hemat bukan mobil balap. “Namun apapun tantangannya kami selalu siap”. 

Selain on-track awards, terdapat pula tiga kategori off-track awards yang diikuti oleh Garuda UNY Eco Team, yaitu Communication, Design, dan Safety Awards. Seluruh kategori tersebut akan diumumkan hari ini juga, bersamaan dengan pengumuman tim yang akan dikirim ke Grand Final DWC pada Shell Eco Marathon di Eropa tahun ini. (EJ)