GARUDA UNY AUDIENSI KOMPETISI DRIVERS’ WORLD CHAMPIONSHIP DI ISTANA NEGARA

Kompetisi final mobil tercepat dan terhemat Drivers’ World Championship (DWC) 2018 tinggal sepekan lagi. Berbagai persiapan telah dilakukan oleh tiga tim terpilih yang kesemuanya dari Indonesia untuk mewakili regional Asia di London, Inggris pada 3 – 9 Juli esok. Tiga tim tersebut berhasil menjadi tiga teratas dalam DWC regional Asia yang diselenggarakan di Shell Eco-Marathon Asia (SEMA) di Singapura bulan Maret lalu.

Untuk memberi semangat dan motivasi kepada delegasi, Shell selaku penyelenggara kompetisi akbar ini mengadakan acara audiensi khusus untuk mempertemukan Kepala Staf Presiden Bapak Moeldoko dengan tiga tim perwakilan Asia untuk final DWC 2018. Audiensi ini dilaksanakan di Bina Graha, Istana Negara Jakarta pada Selasa (26/6). Garuda UNY Team dari Universitas Negeri Yogyakarta sebagai salah satu tim terbaik turut serta hadir pada acara tersebut.

Bapak Moeldoko dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada manajemen Shell yang telah memiliki niat yang baik didalam upaya mengembangkan bakat-bakat anak-anak Indonesia dengan mengadakan perlombaan Shell Eco-Marathon (SEM). Beliau berpendapat bahwa banyak potensi yang dimiliki anak-anak Indonesia hanya kadang-kadang potensi itu belum terangkat dengan baik. Sehingga melalui perlombaan ini, potensi-potensi tersebut bisa diangkat.

Selain itu, Bapak Moeldoko juga memberikan apresiasi kepada tim-tim terpilih.

“Saya ucapkan selamat kepada kalian semua. Kalian dari generasi yang terpilih. Kalian memiliki semangat dan keunggulan yang berbeda dengan teman-teman yang lain. Kalian berprestasi bisa mewakili Asia.”

Ibu Dian selaku direktur lubricant Shell Indonesia yang mendampingi audiensi menjelaskan mengenai perjuangan tim-tim Indonesia dalam berkompetisi dengan ratusan tim lain dari regional Asia. Beliau mengungkapkan bahwa tim-tim Indonesia tidak kalah dengan tim-tim negara lain, dibuktikan dengan DWC regional Asia yang kesemuanya dipegang oleh tim-tim Indonesia. Apalagi pada tahun 2016 lalu, DWC Grand Final dimenangkan oleh tim Indonesia. Hal ini membuktikan bahwa tim Indonesia bisa unggul bahkan melawan tim-tim terbaik benua Amerika dan Eropa.

Apresiasi positif juga disampaikan oleh Country Chairman dan President Director PT Shell Indonesia, Darwin Silalahi. Beliau menyampaikan rasa terima kasih kepada pemerintah yang telah memberikan dukungan kepada tim mahasiswa Indonesia berprestasi tersebut.

“Kami bahagia dan bangga telah diberi kesempatan untuk mempertemukan para tim mahasiswa berprestasi yang unggul di ajang kompetisi inovasi Shell tingkat regional maupun global selama ini. Dukungan yang diberikan oleh Presiden tentunya akan menjadi penyemangat bagi tim mahasiswa Indonesia untuk dapat mengukir prestasi terbaiknya.”

Sumber daya yang inovatif dan mampu bersaing di tingkat global merupakan modal untuk membangun bangsa. Para generasi berprestasi adalah yang dibutuhkan bangsa untuk mempimpin. “Tahun 2045 nanti Indonesia berusia 100 tahun dan kalian yang akan menjadi pemimpinnya.” tegas Bapak Moeldoko.