FT UNY Mampu Pertahankan Sistem Manajemen Berbasis ISO 9001:2008

Setelah melalui serangkaian audit pada Subbag Pendidikan, Kemahasiswaan, Umum dan Perlengkapan serta perkuliahan di Jurusan-jurusan FT UNY (20-21/11-2014),  Tim Auditor ISO yang terdiri dari Kabul Sediono dan Holys menyatakan bahwa kepada FT UNY layak untuk mempertahankan penggunaan sertifikat  ISO 9001:2008.

Namun selain itu, FT UNY juga perlu untuk melakukan  tindakan perbaikan  ats ketidaksesuaian minor dan observasi yang ditemukan kemudian menyampaikan secara tertulis ke SUCOFINDO-SERCO tidak lebih dari dua bulan sejak terbitnya laporan audit tersebut.

“Secara keseluruhan FT UNY telah melakukan perbaikan atas temuan tahun 2013 namun ada pula beberapa masukan tidak tertulis pada tahun lalu yang masih perlu dijadikan bahan perbaikan”, jelas Tim Auditor.

Menurut laporan auditor disimpulkan bahwa komitmen FT UNY masih sangat baik dalam menerapkan sistem manajemen mutu dan terus berupaya untuk melakukan perbaikan serta peningkatan terhadap sistem yg ada. “Kelebihan lainnya, FT UNY telah mengembang manajemen K3 terutama pada perkulianhan di bengkel dan laboratorium”, tutur Tim Audit.

Tim Auditor juga menambahkan bahwa saat ini dokumen yang ada telah dikendalikan dengan cukup baik, namun perlu adanya kontrol terhadap dokumen – dokumen yang mengalami perubahan di setiap jurusan agar ada kesesuaian dengan dokumen yang ada di Wakil Manajemen.

Pada bidang akademik, FT UNY telah menetapkan kurikulum untuk tahun 2014 berdasarkan mandat dari tingkat universitas. Pengembangan kurikulum yang dilakukan FT UNY telah memenuhi standar ISO dimana terdapat proses input, output, kajian, verifikasi dan validasi.

Sedangkan bidang Kemahasiswaan terkait pelayanan surat keterangan mehasiswa telah terlaksana dengan baik. “Perlu adanya antisipasi apabila pelayanan tidak dapat dilakukan dengan menggunakan komputer karena satu dan lain hal sehingga perlu adanya persiapan pelayanan dengan cara manual”, komen dari Tim Auditor.  (hryo)