FT UNY jajaki Kerjasama dengan PT Tata Sarana Mandiri

Delegasi PT Tata Sarana Mandiri (TSM) melakukan penjajakan kerjasama dengan Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (FT UNY) di gedung KPLT (27/03/2019). Perwakilan TSM yang terdiri dari Bayu Trihandoko, M.H., HR & GA Manager, Tutut Indargo, M.Hum., Corporate Legal & Government Affairs, serta Whana Yanuarti diterima oleh Dekan FT UNY, Dr. Widarto didampingi oleh Wakil Dekan I, Ketua Jurusan Pendidikan Teknik Elektro serta perwakilan dosen.

Widarto sangat menyambut baik rancangan kerjsama dengan PT TSM karena menurutnya sinergi dengan Industri adalah sebuah keharusan bagi FT UNY yang mengedepankan model pendidikan vokasi. “Tentu ini semakin memperkuat link and match demi menghasilkan lulusan yang terampil dan profesional sesuai kebutuhan di dunia kerja saat ini,” ujarnya.

“Salah satu program yang bisa segera direalisasikan adalah magang mahasiswa dimana TSM bisa menjadi opsi yang sangat baik bagi mahasiswa kami untuk menimba pengalaman kerja selama 6 bulan atau bahkan juga bagi dosen-dosen kami,” lanjut Widarto.  

“Terlebih dunia sedang mengarah pada revolusi industri keempat atau Industry 4.0 yang membutuhkan inovasi dan penempaan sumber daya manusia yang kompeten,” lanjut Widarto.

Sementara itu, Bayu Trihandoko meyakini dengan menggandeng UNY khususnya Fakultas Teknik akan banyak memberikan banyak nilai positif terutama bagi pengembangan SDM bangsa bahkan pihaknya juga telah turut aktif alam mendukung program vokasi industri antara perusahaan dengan SMK.

“Malalui kolaborasi ini kami juga berharap akan banyak mendukung agenda Research and Development di perusahaan kami,” lanjutnya.

 PT Tata Sarana Mandiri (TSM) sendiri merupakan perusahaan di bidang industri telekomunikasi terutama Smartphone atau perangkat seluler dan juga IoT. Perusahaan ini sekarang memosisikan diri sebagai pemain lokal independen yang memproduksi peranti lunak dan perakitan ponsel 4G. Persisnya, TSM berkiprahsebagai original design manufacturer (ODM) yang mendesain serta memproduksi ponsel.

ODM ini sekarang memiliki klien ponsel top: Asus, Xiaomi, Polytron, SPC, Mito, Advan, Evercross, dan merek-merek top lain yang tidak bisa disebut namanya. Mereka memercayai TSM sebagai pemain lokal yang mampu memproduksi ponsel pintar yang dilengkapi konektivitas 4G LTE berbasis Time Division Duplexing (TDD) dan Frequency Division Duplexing(FDD). 
Perusahaan yang dalam memproduksi ponsel pintar 4G menggunakan processor Qualcomm Snapdragon ini sudah punya kemampuan desain, mulai dari kustomisasi peranti lunak, sistem operasi, dan aspek desain (antarmuka, produk, hingga tata letak sirkuit).