FT UNY Gandeng PT SMC Kembangkan Lab. TUK Mekatronika

Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta bekerjasama dengan PT. System Mekatronik Cipta Jaya Sentosa (SMC) dengan membuka laboratorium Tempat Uji Kompetensi/ TUK Mekatronika (01/06-2016). Kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara Dekan FT UNY, Dr. Moch. Bruri Triyono dengan Direktur PT. SMC, Daud Sekarmadidjaja dilanjutkan dengan pembukaan secara resmi dan peninjuan Lab TUK Mekatronika di FT UNY.

Daud Sekarmadidjaja dalam sambutannya mengaku sangat senang dapat menjalin kerjasama dengan FT UNY sebagai komitmen untuk berkontribusi pada pendidikan bangsa. “FT UNY adalah institusi penghasil pendidik yang mana salah satunya sesuai dengan bidang kami yakni Mekatronika sehingga tentu ini menjadi sebuah kolaborasi yang sangat baik,” ujar Daud.

“Fasilitas praktik disini (FT UNY) sudah sangat memadai namun peningkatan jelas terus diperlukan, maka kami hadir disini untuk membantu peningkatan tersebut,” imbuhnya.

“Dengan terbentuknya lab TUK Mekatronika ini jelas kita semua berharap dapat meningkatkan potensi dan kemampuan SDM baik itu mahasiswa, siswa SMK ataupun masyarakat lainnya sebelum meraka terjun ke dunia industri,” tambah Direktur PT. SMC.

“Dengan kemampuan yang baik saya yakin di Era MEA bukan kita yang ‘diserbu’ tapi bangsa kita yang akan ‘menyerbu’ negara lain,” tutupnya.

Sementara itu Dr. Moch. Bruri Triyono menyatakan bahwa sistem otomasi jelas sangat dibututhkan untuk seluruh cabang keilmuan bidang vokasi. “Bukan hanya elektro ataupun mekatronika tetapi otomotif, mesin, sipil bahkan boga busana juga sangat memerlukan kemampuan sistem otomasi dalam proses produksi meraka,” beber Dekan FT UNY.

“Lab TUK Mekatronika ini akan menjadi wadah untuk seluruh komponen untuk belajar serta mendalami bidang sistem otomasi dan saya berharap proses pembelajaran disini terus berorientasi pada pengembangan produk,” tegas Dr. Bruri Triyono.

Dikesampatan lain, Ketua Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Totok Heru Tri Maryadi, M.Pd., menyatakan bahwa paket kerjasama setelah pembukaan lab ini anatara lain Training of Trainer bagi dosen dan teknisi FT UNY di Jakarta serta upgrade beberapa alat praktik yang ada dijurusan elektro UNY.