Dosen FT UNY ikuti Postdoctoral Fellowship Program di Taiwan

Dosen Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Ibnu Siswanto, Ph.D., mengikuti program Postdoctoral di National Yunlin University of Science and Technology (NYUST), Taiwan selama 3 bulan mulai dari Oktober-Desember 2018. Program ini dilaksanakan sebagai salah satu bentuk implementasi Memorandum of Understanding (MoU) antara UNY dan NYUST.

Ibnu menjelaskan bahwa selama mengikuti program Postdoctoral ini mendapatkan pembiayaan secara penuh dari NYUST. Kegiatan yang dilakukan selama mengikuti program ini meliputi pelaksanaan penelitian dan publikasi hasil penelitian di jurnal internasional serta melakukan kegiatan pembelajaran di kelas.

Menurutnya, program Postdoctoral ini sangat penting bagi pengembangan kemampuan penelitian karena dengan adanya program ini dirinya dapat melakukan kolaborasi penelitian secara langsung dengan Professor dari Yuntech yang memiliki topik penelitian yang sama. Selain itu, selama mengikuti program postdoctoral ini, Dosen FT UNY yang lulus cum laude dari NYUSTini diberikan kesempatan menjadi dosen tamu untuk mahasiswa master dan doctoral di Graduate School of Technological and Vocational Education, NYUST.

“Pengalaman menjadi dosen tamu di NYUST tersebut menjadi pengalaman baru yang sangat berkesan bagi saya,” bebernya.   

Selama 3 bulan mengikuti program postdoctoral ini, total ada 5 paper yang telah ia hasilkan berkolaborasi dengan Professor yang mengundang saya untuk melakukan postdoct di Taiwan,” tambahnya.

Dari kelima artikel tersebut, tiga judul telah ter-publish di jurnal internasional sedangkan dua lainnya masih under review. Ketiga paper yang telah terbit antara lain berjudul “The Role of Cognitive and Affective Behavior in Predicting the Creative Thinking of University Students” yang terbit di International Journal of Innovation, Creativity and Change (Australia), “The proactivity of academic elites: a systematical approach to proactive behavior development in university settings” yang publish di The Turkish Online Journal of Design, Art and Communication dan “Nurturing national dual training system towards government-link companies (GLCs) standard pada The Turkish Online Journal of Design, Art and Communication.