Direktur PSMK: Mahasiswa harus miliki keinginan kuat untuk berkontribusi pada bangsa

Tantangan kedepan adalah tentang persaingan, teknologi dan mobilisasi tenaga kerja, maka dari itu anda semua sebagai generasi muda mesti menyiapkan diri sebaik-baiknya dengan menata masa depan melalui pemantapan program belajar masing-masing,” ujar Drs. M. Mustaghfirin Amin, M.B.A, Direktur Pembinaan Sekolah Menegah Kejuruan (PSMK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dihadapan mahaisiswa baru Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (FT UNY) dalam pembukaan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) tingkat fakultas di Gedung KPLT FT UNY(23/08-2017).

Sebagai generasi muda anda harus punya cita-cita atau visi serta keinginan yang kuat untuk berkontribusi pada negara karena tanpa visi maka hidup anda akan terombang-ambing oleh keadaan dan pengaruh-pengaruh dari luar,” lanjut Direktur PSMK.

“Dan untuk menjadi orang sukses setidaknya ada empat skills yang mesti dikuasi, yaitu berpikir kritis & pemecahan masalah, kemampuan kerjasama, kemampuan berkomunikasi, serta kreativitas,” imbuhnya.

“Ingat jangan sampai punya sifat jaim atau jaga image atau malu-malu, bila ada yang kurang jelas langsung tanyakan, punya pemikiran sampaikan, punya gagasan utarakan, ada ide segera diskusikan,” lanjut alumni Pendidikan Teknik Elektro UNY angkatan ‘79 ini.

“Kemudian jangan takut tambil beda, karena keunikan dan keunggulan tersebut lah yang akan menentukan dalam mengalahkan kompetitor-kompetitor anda,” bebernya.

‘Terakhir pesan saya selama anda berkuliah ada satu hal yang mesti ditempa dengan baik yaitu aspek leadership namun jiwa kepemimpinan yang baik tidak akan anda dapatkan hanya melalui ruang-ruang kelas namun lebih dari kegiatan diluar kelas baik kegitan extra kampus maupun aktivitas sosial lainnya maka jadilah sosok yang aktif karena anda ini bukan lah sekedar calon pekerja namun anda adalah calon-calon pemimpin bangsa ini,” tutup Mustaghfirin.

Sementara itu Dekan Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (FT UNY), Dr. Widarto menekankan agar PKKMB ini menjadi titik tolak untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik dalam peningkatan kapasitas dan kualitas diri para mahasiswa baru menjadi sosok yang lebih baik,” ujar Dekan FT UNY.

Dekan FT UNY juga mengingatkan kepada para mahasiswa baru bahwa menjadi status mahasiswa artinya menjadi probadi yang dituntut untuk lebih mandiri dalam memahami seluk beluk kehidupan kampus yang bercorak ilmiah, rasional, analitis dan sistematis. “Disini saudara semua juga akan masuk dalam kultur kebebasan berpendapat, jujur, bertanggung jawab dan menjunjung tinggi nilai-nilai moral,” imbuh Widarto.

Widarto menambahkan bahwa FT UNY juga senantiasa berkomitmen untuk mendorong dan memfasilitas seluruh mahasiswa untuk meraih prestasi tinggi baik pada aspek hard skills maupun soft skills. Berbagai prestasi baik bidang akademik maupun non-akademik telah ditorehkan oleh para mahasiswa pendahulu anda, maka kita semua harus bertekad untuk mempertahankan dan bahkan meningkatkan raihan-raihan itu untuk mengharumkan nama institusi serta bangsa ini,” tandasnya.