Dharmawanita FT UNY latihan membatik

Dharmawanita Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) mengadakan pelatihan membatik dari rumah Batik Morinda, Solo (24/05-2015). Pelatihan ini didampingi oleh Dr. Sarah Rum Handayani, Dosen Tekstil dari UNS, dengan menekankan pada proses serta pewarnaan Batik. Kegiatan ini juga menjadi ajang silaturahmi ke keluarga Wakil Dekan II FT UNY, Dr. Dwi Rahdiyanta yang juga merupakan pemilik rumah batik tersebut.

Ibu Bruri Triyono, selaku ketua Dharmawanita FT UNY menjelaskan bahwa kegiatan ini sebagai ajang untuk memperkuat rasa persaudaraan  antara keluarga besar FT UNY. “Tentu, kita berharap dharmawanita bukan hanya menjadi kegiatan milik ibu-ibu saja namun dharmawanita  diharapkan menjadi wadah untuk berkumpul seluruh keluarga besar FT UNY”, tuturnya.

“Ini juga baru kali pertama kegiatan Dharmawanita dilaksanakan di luar kampus, yang bertujuan untuk memberikan nuansa dan suasana baru sehingga diharapkan makin meningkatkan kebersamaan diantara keluarga besar FT UNY”, imbuhnya.

Dr. Sarah Rum Handayani sebelum memulai pelatihan menjelaskan tentang jenis-jenis pewarna yang biasa digunakan dalam membatik serta keunggulan – keunggulannya. Dr. Sarah Rum Handayani menjelaskan bahwa cukup banyak pewarna pakaian  yang telah menggunakan bahan alami, sebagai contok, secang yang mampu memberikan warna merah yang sangat bagus. “Adanya produk pewarna alami fungsional ini, dapat menghindari dampak-dampak yang ditimbulkan dari pemakaian pewarna sintesik”, jelasnya.

Setelah mendapat serangkaian penjelasan, ibu-ibu dharmawanita FT UNY pun langsung melakukan praktik dari pewarnaan hingga pencelupan akhir kain batik. (hryo)