Cooking Class with Chef Zulkarnine Bohari dari Malaysia

Program Studi Pendidikan Tata Boga Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta menyelenggarakan cooking class dengan mengundang Chef Zulkarnine Bohari, Teaching Expert, Department of Skill and Development, Ministry of Human Resource Malaysia (23-26/02-2016). Selama empat hari, Cooking class with Chef Zulkarnine terbagi menjadi empat sesi, yakni sharing ilmiah pada hari pertama, hari kedua adalah praktik memasak untuk Tapas dan dessert, kemudian hari kedua untuk praktik pengolahan chicken, beef, seafood, dan hari terakhir adalah Italian Cuisine dan Thai cuisine.

Dengan mengusung tema Gastronomy and Fusion, Chef Zulkarnine berbagi dengan dosen dan mahasiswa Pendidikan Tata Boga FT UNY baik dalam sesi presentasi maupun praktik.
Chef Zulkarnine menjelaskan bahwa Fusion sendiri mengacu pada gaya memasak yang dipengaruhi oleh dua gaya regional atau lebih. “Yang umum tentunya perpaduan antara gaya pengolahan makanan Asia dengan Eropa”, jelas Chef yang juga merupakan coach dan juri Asean Skill Competition bidang Culinary ini.

“Sisi positif dari Fusion antara lain, mengharmonisasi hubungan antar negara dengan wujud apresiasi dan adaptasi tiap cuisines di seluruh dunia,“ lanjut Chef Zulkarnine.

“Serta elemen utama dari Fusion tentunya adalah tujuan memadukan gaya dan bahan masakan dari tiap negara untuk medapatkan perpaduan masakan yang sehat dan menyehatkan” imbuhnya.

“Sedangkan, gastronomi, secara universal, adalah sebuah pengetahuan yang mempelajari mengenai hubungan kuliner dengan berbagai komponen budaya dimana makanan & minuman sebagai poros tengah yang fokusnya pada hidangan yang berkualitas prima (gourmet),” tambahnya.

Kemudian dalam sesi praktik Chef zulkarnine langsung memberikan arahan kepada mahasiswa untuk mengolah bahan makanan sesuai dengan resep yang telah ia berikan sebelumnya. Mahasisa-mahasiswa pun nampak serius menyimak instruksi yang diberikan dan menjalani sesi praktik dengan penuh semangat.

Azis, mahasiswa Boga FT UNY yang mengikuti sesi praktik Italian Cuisine dan Thai Cuisine, mengaku sangat senang dengan adanya cooking class dengan expert dari Malaysia ini. “Beliau (Chef Zulkarnine) sangat detail dari pemilihan bahan, pengolahan hingga penyajian. Saya ingat ketika mendapat feedback tentang plating dimana beliau mengingatkan penataan makanan di atas piring jangan sampai ada refleksi unsur SARA sedikit pun seperti cross atau lainnya”, ujar Azis.

Namun setelah melewati empat hari dalam workshop, Azis mengaku malah kian optimis bahwa potensi dan kompetensi di sini (UNY) tidak kalah dengan negara tetangga. “Dari segi teknik pengolahan, rasa maupun kandungan makanan, kita tetep nggak kalah”, tutup Azis