Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Karya Mahasiswa FT UNY

Pemanfaatan teknologi saat ini mulai banyak dikembangakan di berbagai bidang, salah satunya pada bidang pendidikan. Salah satunya adalah terobosan dari mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta dengan memanfaatkan teknologi mobile pada smartphone.

Kelompok yang beranggotakan Azis Amirulbahar, Miftah Rizki Hanafi, dan Sidiq Nurcahyo dari Program Studi Pendidikan Teknik Informatika mengembangkan aplikasi pembelajaran bahasa inggris berbasis mobile yang mencakup materi speaking, writing, listening dan reading.  

“Kami memilih membuat aplikasi bahasa inggris karena  bahasa inggris di Indonesia termasuk peringkat paling rendah, yaitu ke 60 dari 65 di dunia. Padahal sebenarnya bahasa inggis itu akan mudah jika dipelajari sejak dini,”ungkap Azis salah satu anggota tim pengembang.

Aplikasi pembelajaran yang dikembangkan diberi nama “Apa Bahasa Inggrisnya” ini berjalan di platform Windows Phone dan ditujukan untuk anak-anak. Aplikasi mempunyai karakter utama yaitu ABI yang akan memandu untuk menggunakan aplikasi. Fitur yang disediakan aplikasi ini adalah kamus bahasa inggris yang berisi kata-kata dan benda benda sehari –hari yang ditemui. Fitur Speaking disediakan untuk menguji kemampuan mengucapkan kata dalam bahasa inggris dalam bentuk kuis.

Fitur Writing disediakan untuk pengguna mencoba kemampuan menulisnya. Selain itu ada fitur transalator yang akan menjadi kamus biasa yang menerjemahkan dari bahasa inggris ke bahasa Indonesia.

“Aplikasi Apa Bahasa Inggrisnya saat ini sudah bisa diunduh secara gratis di Windows Phone Store,”lanjut Azis. Aplikasi Apa Bahasa Inggrisnya ini juga sudah menjadi juara ke 2 di Kompetisi Cipta Aplikasi Edukasi UNITY. Aplikasi ini bisa diunduh di link berikut (http://www.windowsphone.com/id-id/store/app/apa-bahasa-inggrisnya/82e76f...). (meg)